46 murid di Barito Utara beradu di olimpiade sains nasional

id Barut,Barito Utara,Muara Teweh,OSN,olimpiade sains

46 murid di Barito Utara beradu di olimpiade sains nasional

Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara, masdulhaq membuka kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten setempat di halaman SDR 5 Melayu Muara Teweh, Rabu (14/3/18). (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Dinas Pendidikan Barito Utara, Kalimantan Tengah, menggelar olimpiade sains tingkat skolah dasar dan madrasah ibtidyah dari empat Kecamatan di kabupaten setempat bidang studi matematika dan IPA.

Kegiatan itu diikuti 46 murid dari empat kecamatan yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) yaitu Kecamatan Teweh Timur, Kecamatan Teweh Baru, Kecamatan Teweh Selatan dan Kecamatan Teweh Tengah bertempat di Sekolah Dasar Rujukan 5 Melayu Muara Teweh, Kamis.

Untuk IPA diikuti sebanyak 23 pelajar dan Matematika diikuti 23 pelajar dari kecamatan Teweh Timur mengirim dua peserta, Teweh Baru 10 peserta, Teweh Selatan empat peserta dan Kecamatan Teweh Tengah mengirimkan sebanyak 30 peserta.

"Salah satu indikator peningkatan mutu pendidikan adalah meningkatnya kemampuan peserta didik baik mengenai substansi pelajaran maupun perkembangan kreativitas, daya nalar, sikap dan budi pekerti para peserta didik," kata Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara, Masdulhaq membuka kegiatan.

Untuk itu, kata dia, kompetensi atau lomba kemampuan peserta didik dalam bentuk olimpiade mata pelajaran pelru diadakan, agar semangat dan komitmen para praktisi pendidikan di daerah tetap terpelihara dan memungkinkan mereka selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan.

OSN tingkat SD/MI ini telah dirintis sejak tahun 2003 dan merupakan salah satu wadah srategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan.

"Pelaksanaan OSN secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif," katanya.

Masdulhaq mengatakan OSN untuk peserta didik SD/MI ini diselenggarakan untuk memotivasi para peserta didik, guru, pengelola dan pembina pendidikan untukl berkopetensi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik, sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan didaerah Kabupaten Barito Utara.

Diselenggarakannya OSN tingkat Kabupaten ini diharapkan dapat meningkatkan iklim kompetensi yang sehat dilingkungan sekolah, kabupaten/kota, provinsi maupun nasional.

"Peserta didik tingkat SD yang memiliki keunggulan dalam bidang mata pelajaran Matematika dan IPA disiapkan menjadi tim Kabupaten dalam kompetisi tingkat provinsi, meningkatkan mutu pendiudikan khususnya dibidang MIPA," kata dia.