Media Turut berperan tentukan arah pembangunan bangsa

id Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, puncak HPN tingkat provinsi Kalteng

Media Turut berperan tentukan arah pembangunan bangsa

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, saat menyampaikan sambutan pada puncak HPN tingkat provinsi Kalteng, di Buntok Kamis malam (15/3). (Foto Diskominfo Barsel)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengatakan, peran media massa dan insan pers sangat menentukan arah perubahan dan pembangunan bangsa.

"Karena, sebagaimana kita ketahui bersama salah satu fungsi pers sebagai kontrol sosial sangat penting dalam mempengaruhi pembangunan," katanya saat menghadiri malam puncak Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Kalteng, di Buntok, Kamis malam.

Menurut dia, dengan memberikan peringatan dini bagi pemerintah, maka pemerintah akan selalu berhati-hati dalam melaksanakan pemerintahan, pembangunan, dan pembinaan sosial kemasyarakatan.

Kemudian lanjut dia, dalam proses pembelajaran (Edukasi), pers selalu memberikan pencerahan bagi masyarakat awam, agar lebih mengenal, dan memahami suatu kasus lewat pemberitaan-pemberitaan yang komprehensif, dan mendalam.

Oleh karena itu, salah satu peran penting yang disamakan persepsi, dan tekad terutama bagi insan jurnalis untuk memerangi hoaks, sehingga tidak merusak tatanan masyarakat bahkan kondisi bangsa yang kita cintai ini.

"Peran media massa sangat penting untuk menangkal berita-berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucap Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran.

Media lanjut dia, harus mampu menjadi garda terdepan dalam memberantas berita hoaks, bahkan isu, dan wacana yang tidak benar yang beredar ditengah masyarakat, maupun melalui media sosial.

Wartawan sebagai ujung tombak tata kelola pemberitaan, dalam idealisme, dan bisnis, pers dituntut tidak sekedar mencari referensi, akan tetapi harus mampu menempatkan diri sebagai referensi kinerja tercepat secara berkesinambungan, akurat, dan lengkap.

"Melalui peringatan HPN ini dapat menjadi momentum penting bagi dunia jurnalistik untuk lebih meningkatkan profesionalismenya," ucap Sugianto Sabran.

Acara peringatan HPN ke 72 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tersebut dihadiri Sekjen PWI Pusat Hendri CH Bangun, dan Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri, ketua DPRD Barsel, Tamarzam, dan Ketua PWI Kalteng, H. Sutransyah.