Arsenal melenggang ke perempat final, usai bungkam Milan

id Arsenal, AC Milan, liga europa

Arsenal melenggang ke perempat final, usai bungkam Milan

Mkhitaryan bersama Jack Wilshere saat Arsenal bungkam AC Milan. (europa league)

London (Antaranews Kalteng) - Arsenal sukses bangkit dari ketertinggalan dan membekap AC Milan 3-1 dalam laga kedua putaran 16 besar Liga Europa di Stadion Emirates, London, Inggris, Jumat dini hari WIB.

Hasil itu memantapkan langkah tim besutan Arsene Wenger tersebut ke babak perempat final Liga Europa, berbekal skor agregat 5-1 setelah meraup kemenangan 2-0 di kandang Milan sepekan lalu.

Perempat final Liga Europa menjadi babak perempat final kompetisi antarklub Eropa pertama Arsenal dalam delapan tahun terakhir.

Danny Welbeck jadi bintang kemenangan Arsenal dengan mencetak dwigol yang dilengkapi oleh Granit Xhaka, demi membalikkan keunggulan yang sempat dimiliki Milan lewat Hakan Cahanoglu.

Calhanoglu menyuntik asa Milan untuk lolos ke perempat final lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti yang menaklukkan penjaga gawang David Ospina dan menghujamkan bola ke sudut tiang jauh pada menit 35.

Namun keunggulan itu hanya berumur pendek, sebab tiga menit berselang Welbeck memainkan aksi teatrikal nan mumpuni hingga berhasil meyakinkan hakim garis bahwa ia dijatuhkan oleh Ricardo Rodriguez di area terlarang.

Sebagai pesepak bola yang penuh tanggung jawab, Welbeck mengambil sendiri tugas sebagai algojo tendangan penalti dan dengan tenang melesakkan bola ke sisi kiri gawang sembari menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Memasuki babak kedua Milan berusaha keras untuk mencetak setidaknya dua gol lagi untuk meraih tiket perempat final dengan jalur agresivitas gol tandang, namun yang diperlihatkan pasukan besutan Gennaro Gattuso itu hanyalah serangan-serangan tumpul di hadapan gawang.

Gattuso bahkan memasukkan Nikola Kalinic menggantikan Patrick Cutrone, yang praktis tak banyak mengubah keadaan.

Yang terjadi justru kepiawaian penjaga gawang masa depan Italia, Gianluigi Donnarumma, runtuh karena kegagalannya mengamankan bola dengan sempurna ketika menyambut tembakan jarak jauh Granit Xhaka. Bola malah memantul dan melompat masuk ke dalam gawang memberikan keunggulan bagi Arsenal 2-1 pada menit 71.

Beban tiga gol Milan seketika menjadi tugas mulia namun juga hampir mustahil untuk dilakukan, dan Welbeck menghujamkan harapan Milan ke atas bumi dengan golnya dalam situasi kemelut di muka gawang pada menit 86.

Sebuah umpan silang Jack Wilshere berhasil ditanduk Aaron Ramsey, namun lagi-lagi penyelamatan Donnarumma tak sempurna, dan Welbeck memainkan peranan sebagai predator oportunis yang pintar memilih tempat sebab bola jatuh di hadapannya dan dengan mudah ia sontek ke dalam gawang. Arsenal tiga, Milan satu.

Arsenal menyusul Atletico Madrid (Spanyol), Lazio (Italia), RB Leipzig (Jerman), Olympique Marseille (Prancis) dan Sporting Lisbon (Portugal) ke babak perempat final.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Arsenal (4-2-3-1): David Ospina (PG); Hector Bellerin, Shkodran Mustafi, Laurent Koscielny (Calum Chambers), Nacho Monreal; Aaron Ramsey, Granit Xhaka; Mesut Oezil (Sead Kolasinac), Jack Wilshere, Henrikh Mkhitaryan (Mohamed Elneny); Danny Welbeck
Pelatih: Arsene Wenger

AC Milan (4-4-2): Gianluigi Donnarumma (PG); Fabio Borini, Leonardo Bonucci, Alessio Romagnoli, Ricardo Rodriguez; Suso, Franck Kessie (Manuel Locatelli), Riccardo Montolivo, Hakan Calhanoglu (Giacomo Bonaventura); Andre Silva, Patrick Cutrone (Nikola Kalinic)
Pelatih: Gennaro Gattuso