Komisi I DPRD Bartim akan tinjau Disdukcapil, untuk apa?

id janjo briano, dprd bartim, disdukcapil bartim

Komisi I DPRD Bartim akan tinjau Disdukcapil, untuk apa?

Ketua Komisi I DPRD Barito Timur, Janjo Briano, SPd. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Darrah Barito Timur, Kalimantan Tengah dalam waktu dekat akan meninjau penyelenggaraan administrasi kependudukan dan pencatatan warga sipil di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Ketua Komisi I DPRD Bartim, Janjo Briano di Tamiang Layang mengatakan, kunjungan tersebut dinilai penting untuk mengetahui proses penyelenggaraan administrasi kependudukan seperti e-KTP maupun surat keterangan lainnya.

"Kita ingin melihat langsung bagaimana prosesnya dan apa kendalanya, sehingga adanya keterlambatan dalam perekaman, pencetakan e-KTP dan penerbitan Surat Keterangan (Suket)," kata politisi PDIP itu di Tamiang Layang, Sabtu.

Rencananya DPRD Bartim ingin membentuk panitia khusus pelayanan administrasi kependudukan. Karena memerlukan waktu cukup panjang, DPRD Bartim memutuskan meninjau mekanismenya secara langsung terlebih dahulu. 

Selain itu, tambah Janjo, pihaknya ingin memastikan bagaimana proses pelayanan yang diberikan Disdukcapil yang terjadi dengan membandingkan dengan yang seharusnya sesuai peraturan yang berlaku. 

Saat ini, DPRD Bartim menerima informasi terkait membludaknya permintaan surat keterangan ke Disdukcapil, sehingga terjadi masalah yang perlu diluruskan agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kita akan terbuka dan mengundang media (wartawan) untuk melihat sama-sama keluhan masyarakat," katanya.

Ia mengharapkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi kependudukan bisa dilayani tanpa harus dipersulit dengan bentuk aturan yang tidak jelas. 

"Demikian pula dengan pencetakan KTP Elektronik," tandasnya.