Legislator dorong perempuan Kotawaringin Timur jadi kades

id DPRD Kotim,Kotim,Sampit, Sinar Kemala

Legislator dorong perempuan Kotawaringin Timur jadi kades

Sinar Kamala. (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Harapan kami di Pilkades 2018 tahap II ini ada keterwakilan perempuan yang terpilih, sehingga memberikan warna tersendiri dalam Pilkades serentak
Sampit (Antaranews Kalteng) - Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, Sinar Kamala mendorong kaum perempuan daerah itu untuk berani maju mencalonkan diri sebagai kepala desa.

"Perempuan tentunya memiliki hak dan kesempatan yang sama dengan kaum lelaki di semua bidang, termasuk pembangunan dan pimpinan wilayah. Untuk itu saya berharap di pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Kotawaringin Timur nanti ada keterwakilan perempuan," katanya di Sampit, Sabtu.

Pilkades serentak yang rencananya akan digelar pada Oktober 2018 tersebut akan dselenggarakan di 48 desa yang tersebar di 17 kecamatan yang ada di Kotawaringin Timur.

Pilkades serentak 2018 merupakan untuk kedua kalinya digelar di Kotawaringin Timur, dimana sebelumnya telah digelar pada Oktober 2017 di 77 desa.

Dari 77 perserta Pilkades, satu diantaranya yang terpilih adalah keterwakilan perempuan yang saat ini telah aktif melaksanakan tugasnya.

"Harapan kami di Pilkades 2018 tahap II ini ada keterwakilan perempuan yang terpilih, sehingga memberikan warna tersendiri dalam Pilkades serentak," katanya.

Lebih lanjut Sinar mengatakan, meski memiliki hak yang sama dengan para pria tentunya tidak mengabaikan kodratnya sebagai seorang istri dan ibu bagi putra-putrinya.

Kepala desa perempuan memiliki kemampuan yang sama dengan kaum pria dalam mengelola anggaran dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD).

"Yang jelas pemimpin perempuan harus bisa menjadi contoh yang baik. Dan harapan saya jangan sampai tergiur dengan dana desa yang besar hingga mengkorupsinya," ucapnya.

Sementara itu sejumlah persiapan untuk pelaksanaan Pilkades serentak 2018 terus dilakukan oleh panitia penyelenggara.

Diharapkan pelaksanaan Pilkades serentak 2018 nantinya bisa berjalan aman dan lancar.