Dishut Kalteng galakkan menanam pohon buah-buahan

id Dinas Kehutanan Kalteng, Sri Suwanto,menanam pohon buah-buahan

Dishut Kalteng galakkan menanam pohon buah-buahan

Ilustrasi - Bibit buah-buahan. (pusatbibitdurian.com)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah, Sri Suwanto mengaku pihaknya pada 2018 menggalakkan gerakan menanam pohon buah-buahan sebagai upaya penghijauan sekaligus memberikan manfaat bagi masyarakat.

Gerakan menanam pohon buah-buahan ini akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat termasuk para siswa di sekolah menegah atas (SMA) yang ada di provinsi ini, katanya di Palangka Raya, Senin.

"Kita akan menyediakan, menanam dan memberikan bibit pohon buah mangga, sawo, kelengkeng dan sebagainya. Setelah pohon itu nantinya besar, kan tidak hanya hijau tapi juga buahnya bisa dikonsumsi," tambahnya.

Semakin banyaknya pohon yang ditanam dan dipelihara, akan membuat lingkungan menjadi lebih hijau, lebih sejuk, udaranya semakin bersih, sehingga orang beraktivitas, termasuk bekerja dan belajar akan merasa lebih nyaman.

Suwanto mengatakan tahap awal Dishut Kalteng akan mendorong penghijauan dan menanam pohon buah-buahan di sekitar Kota Palangka Raya. Langkah itu juga nantinya akan diikuti dengan menambah bibit buah-buahan.

"Kepala Satuan Pengelola Hutan yang ada di Kalteng ini pun telah diintruksikan untuk dapat melakukan penghijauan di daerahnya masing-masing. Kita ingin gerakan ini dilaksanakan di seluruh Kalteng," ucapnya.

Masyarakat Kalteng harus bersyukur bahwa sampai sekarang ini Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila" ini masih memiliki banyak hutan dan taman nasional, sehingga udaranya lebih bersih dan lebih sejuk.

Meski begitu. Kepala Dishut Kalteng ini mengharapkan seluruh lapisan masyarakat jangan hanya menjaga tapi juga tetap melakukan penghijauan, setidaknya dimulai dari memanfaatkan halaman rumah.

"Kalau kita bergerak bersama-sama menanam pohon, khususnya buah-buahan, tentunya udara segar akan tetap terjaga. Ada manfaatnya lagi, bisa dikonsumsi," demikian Suwanto.