BPS lakukan pendataan potensi desa di Barut

id Dinas Kominfosandi Barito Utara, M Iman Topik, BPS Barito Utara

BPS lakukan pendataan potensi desa di Barut

Kepala Dinas Kominfosandi Barito Utara, M Iman Topik saat menerima kunjungan dari BPS Barito Utara dalam rangka pembinaan statistik di Muara Teweh, Senin (19/3). (Foto Dinas Kominfosadian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Badan Pusat Statistik Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menjadwalkan pendataan potensi desa dan kelurahan di daerah setempat pada Mei 2018.

"Pendataan potensi desa (Podes) ini dilakukan untuk mendata potensi yang ada di desa dan kelurahan di daerah ini," kata Kepala BPS Barito Utara (Barut) Ahmad Nasrullah di Muara Teweh, Selasa.

Kepala BPS Barut melakukan pertemuan dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian setempat rangka pembinaan statistik di lingkungan Pemkab Barito Utara.

Menurut Nasrullah, selain melakukan Podes, pihaknya juga akan menggelar survei pertanian antarsensus (Sutas) pada Mei hingga Juni 2018.

"Kami dalam setiap bulan selalu rutin melakukan survei-survei ke seluruh wilayah Kabupaten Barito Utara untuk mendapatkan data yang akurat," katanya.

Nasrullah mengatakan pihaknya saat ini melakukan program penguatan penyelenggaraan kegiatan statistik di satuan organisasi perangkat daerah.

"Kegiatan pembinaan statistik melalui proyek perubahan `Statistical Capacity Building` pertama dilakukan di Dinas Kominfo dan Persandian Barut," kata dia.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Barut M Iman Topik, menyampaikan terima kasih kepada BPS yang telah mengadakan pembinaan statistik untuk dinas-dinas di lingkup Pemkab Barito Utara.

"Dengan adanya pembinaan statistik dari BPS akan menambah ilmu dan wawasan para pegawai yang mana tidak semua pegawai berlatar belakang ilmu statistik, " kata dia.

Terlebih lagi, tambah dia salah satu bidang pada Diskominfosandi terdapat urusan yang membidangi tentang statistik dan sesuai dengan ketentuan bahwa seluruh urusan statistik sektoral kabupaten berada dalam kewenangan Diskominfosandi.

"Pihaknya mengharapkan ke depan akan mendapat output berupa data-data yang baik sehingga dapat terjalin kerja sama antara BPS dan Diskominfosandi terkhususnya dalam hal bidang statistik guna membangun Barut," ujar Topik.