Pejabat Pemkab Seruyan diminta aktif promosikan potensi pariwisata

id Penjabat Bupati Seruyan, Leonard S Ampung,potensi pariwisata Seruyan

Pejabat Pemkab Seruyan diminta aktif promosikan potensi pariwisata

Penjabat Sementara Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Leonard S Ampung. (Foto Antara Kalteng/Fahrian Adriannoor)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, diminta aktif untuk mempromosikan potensi pariwisata di daerah tersebut.

"Saya melihat salah satu kelemahan sektor pariwisata di Seruyan adalah kurangnya promosi, karena itu kita minta pejabat aktif mempromosikan potensi daerah agar dikenal masyarakat luas," kata Penjabat Bupati Seruyan, Leonard S Ampung di Kuala Pembuang, Selasa.

Leonard yang juga Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan (Perkim) Kalteng mengatakan promosi merupakan salah satu bagian dari pemasaran untuk menarik minat orang banyak untuk datang ke berbagai tempat wisata di Seruyan.

"Promosi pariwisata dapat dilakukan pejabat saat berkunjung ke daerah lain atau pada saat menerima kunjungan dari daerah lain ke Seruyan," katanya.

Menurutnya, promosi atau sosialisasi mengenai potensi pariwisata juga dapat dilakukan pejabat dengan memanfaatkan teknologi informasi serta telekomunikasi seperti media sosial milik pribadi.

Saat ini sebagian besar masyarakat, termasuk wisatawan lebih banyak mengakses informasi melalui internet atau media sosial untuk mengetahui destinasi wisata yang ingin dikunjungi.

"Selain lebih mudah dan murah, promosi melalui internet atau media sosial memiliki daya jangkau yang lebih luas," katanya.

Ia menambahkan, selain promosi, Pemkab Seruyan dari sekarang juga harus sudah mulai memikirkan arah pengembangan sektor pariwisata yang dituangkan menjadi "masterplan" atau rencana induk pengembangan sektor pariwisata.

"Dengan adanya "masterplan" maka pengembangan sektor pariwisata menjadi terarah dan jelas," katanya.

Ia menilai, Seruyan yang berjuluk "Bumi Gawi Hatantiring" memiliki potensi pariwisata yang nyaris sempurna. Mulai dari laut, pantai, hutan rimba, riam, air terjun, perbukitan, riam hingga Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang luasnya hampir 200 ribu hektare.

Kemudian, Seruyan memiliki Danau Sembuluh di Kecamatan Danau Sembuluh yang merupakan danau terbesar di Kalteng dan terbesar ke tujuh di Indonesia dengan luas 7.832,5 hektare.

Selain itu, dari sisi budaya, di kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Kotawaringin Timur itu terdapat Desa Bangkal di Kecamatan Seruyan Raya yang sudah dicanangkan sebagai desa budaya Dayak di Kalteng.

"Ini potensi wisata yang sayang kalau tidak dimanfaatkan untuk pembangunan daerah, dan mulai dari sekarang potensi ini harus terus dipromosikan agar dikenal masyarakat luas," katanya.