Waspada! Fenomena elnino di barsel diperkirakan terjadi Juni

id Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri,Fenomena elnino

Waspada! Fenomena elnino di barsel diperkirakan terjadi Juni

Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri saat diwawancarai usai kegiatan. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mengatakan, fenomena elnino di wilayah setempat perkirakan akan terjadi di pada Juni atau Juli 2018 mendatang.

"Hal tersebut berdasarkan hasil rapat bersama dengan gubernur Kalimantan Tengah beberapa waktu yang lalu," katanya, di Buntok, Selasa.

Ia mengatakan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), untuk di Kalimantan Barat fenomena elnino akan terjadi pada April 2018.

"Sedangkan di wilayah Kalimantan Selatan akan terjadi pada Mei," ucap Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri.

Menurut dia, berdasarkan informasi dari Gubernur Kalimantan Tengah fenomena elnino yang terjadi yakni elnino basah yang mana sekali-sekali akan terjadi hujan, dan fenomena tersebut terjadi hingga September atau Oktober.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar menjaga supaya tidak terjadi kebakaran hutan, dan lahan di wilayah Barito Selatan ini.

Ia menyampaikan, imbauan ini dilakukan karena dampak dari kebakaran hutan, dan lahan bisa menyebabkan kabut asap pekat yang merugikan masyarakat secara luas.

"Kebakaran hutan, dan lahan dapat mengganggu aktifitas masyarakat secara luas, sebab bisa terjadi kabut asap yang sangat mengganggu kesehatan," ucap Bupati Barito Selatan.

Selain itu, ia juga menyampaikan, berdasarkan intruksi presiden, apabila melihat ada kebakaran hutan, dan lahan, maka aparat, dan instansi terkait diminta turun untuk memadamkan api.

"Hal tersebut dilakukan agar kebakaran tidak meluas, demikian kata Eddy Raya Samsuri.