Kompetensi ASN Kotim dinilai terus meningkat, ini penyebabnya

id BKD Kotim,Alang Arianto,Kompetensi ASN Kotim

Kompetensi ASN Kotim dinilai terus meningkat, ini penyebabnya

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Kompetensi aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, dinilai terus meningkat, tergambar dari apresiasi banyak pihak terhadap kinerja pemerintah daerah keseluruhan.

"Banyaknya pejabat Kotawaringin Timur mendapat promosi jabatan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, salah satu gambaran bahwa kompetensi ASN (aparatur sipil negara) di Kotawaringin Timur di atas rata-rata, makanya dilirik pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten lain," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto di Sampit, Rabu.

Sejak Gubernur Kalimantan Tengah dijabat H Sugianto Sabran, cukup banyak pejabat dari kabupaten dan kota yang dipromosikan menduduki jabatan di Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Kotawaringin Timur termasuk daerah yang cukup banyak pejabatnya yang ditarik ke provinsi. Mereka menduduki jabatan strategis di bidangnya masing-masing.

Saat Dinas Pertambangan di kabupaten dibubarkan terhitung awal 2017, mantan Kepala Dinas Pertambangan Kotawaringin Timur, Ermal Subhan mendapat promosi ke Dinas Pertambangan Provinsi Kalimantan Tengah. Tidak hanya sampai menduduki jabatan kepala dinas, kini Ermal bahkan dipercaya menjadi Pejabat Sementara Bupati Kapuas sampai bupati terpilih dilantik.

Pejabat lainnya yang ditarik ke provinsi adalah Ahmad Syaifudi. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai kepala bidang di Dinas Pemuda dan Olahraga Kotawaringin Timur, kini dipercaya memperkuat Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.

Senin (19/3) malam, Gubernur H Sugianto Sabran kembali melantik ratusan pejabat. Salah satunya adalah pejabat dari Kabupaten Kotawaringin Timur, yaitu Sutoyo, yang dipercaya membantu Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Banyaknya pejabat yang mendapat promosi jabatan ke provinsi, menunjukkan kualitas sumber daya manusia aparatur sipil negara di Kotawaringin Timur sangat bagus. Hal itu juga menjadi gambaran bahwa pembinaan dan pengembangan potensi pegawai juga berjalan dengan baik.

"Selama ini terbatasnya jabatan yang tersedia di Kotawaringin Timur membuat terjadi persaingan ketat dalam promosi menduduki jabatan. Tapi itu berdampak positif karena setiap orang termotivasi untuk meningkatkan kinerja," kata Alang.

Sementara itu, Sutoyo berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan gubernur kepadanya. Pria yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, kini dipercaya menjadi Kepala Bagian Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah.

"Saya sangat berterima kasih atas dukungan selama saya bertugas di Kotawaringin Timur. Banyak pelajaran dan pengalaman yang saya dapat. Mohon maaf kalau belum memuaskan. Saya mohon doanya agar saya bisa menjalankan amanah dengan baik di tempat tugas yang baru," kata Sutoyo.

Sutoyo yang merupakan lulusan STPDN tahun 2004 itu, pernah menduduki jabatan yang diawali sebagai staf di Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Sekretaris Lurah Baamang Tengah, Sekretaris Kecamatan Telawang, Sekretaris Kecamatan Kotabesi, Sekretaris Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kepala Bidang Catatan Sipil dan terakhir Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik.

Selama bertugas di Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Sutoyo sangat aktif di lapangan, bahkan terjun ke lokasi bencana banjir dan kebakaran lahan. Berbagai penghargaan tingkat nasional pun diraih Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotawaringin Timur.