Ribuan ASN Barsel sampaikan laporan SPT gunakan e-filing

id Pemkab Barsel, KP2KP Buntok, aksi panutan Pajak

Ribuan ASN Barsel sampaikan laporan SPT gunakan e-filing

Pejabat Pemkab Barsel, bersama KP2KP Buntok, dan ASN berfoto bersama usai kegiatan aksi panutan Pajak, di Buntok, Rabu (21/3). (Foto KP2KP Buntok)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 3.399 Aparatur Sipil Negara di wilayah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah sudah menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi (OP) menggunakan sistem e-filing.

"Jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Barsel yang sudah menyampaikan laporan menggunakan sistem tersebut terbanyak dari ASN di tiga Kabupaten di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito ini," kata kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Buntok, Muhammad Rafie usai kegiatan aksi panutan pajak terkait hal itu, di Buntok, Rabu.

Oleh karena itu ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan atas kerjasamanya selama ini.

Ia menyampaikan, adapun tips yang dilakukan pihaknya agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah ini menyampaikan laporan menggunakan e-filing tersebut dengan cara melakukan road show ke Dinas-Dinas sejak awal Januari yang lalu.

"Akan tetapi sebelumnya, seluruh Dinas telah kita beritahukan agar bendahara membuat bukti potong A2 untuk ASN, dan A1 untuk karyawan swasta," jelas Muhammad Rafie.

Dengan demikian pada saat melaksanakan kunjungan atau road show, pihaknya hanya memberikan edukasi kepada Wajib Pajak bagaimana cara pengisiannya saja.

"Untuk pengisiannya dilakukan secara bersama-sama pada saat dilaksanakannya road show tersebut," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan road show tersebut, diharapkan agar sebelum 31 Maret 2018 mendatang, seluruh wajib pajak telah melaporkan SPT Tahunan OP menggunakan e-filing.

Acara aksi panutan pajak penyampaian SPT Tahunan PPh OP tersebut dihadiri Asisten I Setda Barito Selatan, Endang Candra Mulya, dan perwakilan dari Kepala Kantor Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Muara Teweh.

Pada acara aksi panutan pajak tersebut, pihak KP2KP Buntok memberikan piagam penghargaan bagi Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang paling cepat dalam melaporkan SPT Tahunan OP.

Untuk tercepat pertama, diraih Badan Kepegawaian, dan Pengembangan SDM, tercepat kedua Sekretariat DPRD Barito Selatan, sedangkan tercepat III dalam menyampaikan laporan SPT Tahunan OP menggunakan e-filing itu yakni Bappeda Barito Selatan.