Pemprov Kalteng optimistis raih penghargaan perencanaan dari Bappenas

id Bappeda Kalteng, Yuren S Bahat,penghargaan perencanaan

Pemprov Kalteng optimistis raih penghargaan perencanaan dari Bappenas

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pembangunan (Bappedalitbang) Kalteng, Yuren S Bahat. (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah optimistis dapat meraih penghargaan Perencanaan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional pada tahun 2018 karena telah berhasil masuk ke tahap dua penilaian.

Apabila penilaian tahap dua tersebut dapat dilalui dan berhasil masuk tahap akhir maka peluang provinsi ini meraih penghargaan tersebut semakin besar, kata Kepala Bappeda Kalteng, Yuren S Bahat di Palangka Raya, Kamis.

"Tim penilai langsung dari Bappenas tersebut akan melihat berbagai program pembangunan yang telah disusun Pemerintah Provinsi, khususnya Kalteng. Hasil penilaian itu ditentukan apakah bisa melanjutkan masuk tahap berikutnya atau tidak," tambahnya.

Penilaian dalam meraih penghargaan tersebut cukup banyak, mulai dari sinkronisasi program daerah dengan pusat, dan melihat sejauh mana keterlibatan Pemerintah kabupaten/kota serta unsur lainnya dalam dalam penyusunan program.

Yuren mengatakan diraihnya penghargaan Perencanaan dari Bappenas tersebut selain gengsi, juga adanya hadiah berupa bantuan keuangan dan lainnya dari Pemerintah Pusat kepada Provinsi yang meraihnya.

"Apalagi penghargaan inikan diserahkan langsung oleh Presiden. Jadi biarpun tidak ada katakanlah hadiahnya, tapi gengsinya itu. Secara tidak langsung Kalteng akan dilibatkan dalam penyusunan program oleh pusat," ucapnya.

Kepala Bappeda Kalteng ini mengaku sejak beberapa waktu lalu dirinya telah memperketat segala tahapan penyusunan program pembangunan. Mulai dari rapat koordinasi teknis, penyusunan program dan pengkajian semuanya disusun sesuai mekanisme hingga melibatkan semua unsur terkait di pemerintahan.

"Saya juga sering koordinasi dengan Sekda agar semua tahapan program yang kita susun bisa sesuai waktu dan tahapannya jangan sampai terlewatkan," demikian Yuren.