Wagub minta proses pembentukan Kabupaten Kapuas Ngaju dituntaskan

id kapuas, HUT kapuas, wagub Kalteng

Wagub minta proses pembentukan Kabupaten Kapuas Ngaju dituntaskan

Wakil Gubernur Kalimanan Tengah Said Ismail dan pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan beserta para pejabat setempat saat mengikuti acara adat ngarunya pada HUT Kapuaten Kapuas ke-62, Rabu (21/3/18). (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Kuala Kapuas (AntaraNews Kalteng) –  Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Said Ismail yang mewakili Gubernur Kalimantan Tengah meminta  proses pembentukan Kabupaten Kapuas Ngaju yang direncanakan pemekaran dari wilayah Kabupaten Kapuas untuk segera dituntaskan hingga segala persyaratan dan ketentuan dianggap cukup.

"Pemerintah Kalimantan Tengah mendukung adanya pemekaran Kapuas yaitu kabupaten Kapuas ngaju, untuk itu saya memerintahkan kepada pemerintah daerah Kapuas agar secepatnya menuntaskan segala permasalahan yang menyangkut pemekaran wilayah Kabupaten Kapuas Ngaju," kata Wagub Kalteng pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kuala Kapuas ke-212 dan HUT Kabupaten Kapuas ke-62 di lapangan stadion Panunjung Tarung, Rabu (21/3/18).

Menyikapi hal itu, pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan mengatakan kepada sejumlah wartawan bahwa pemerintah daerah tentu turut mendukung dan setuju keinginan pemerintah provinsi agar proses pemekaran segera dituntaskan mengingat tujuannya sendiri positif untuk perkembangan wilayah ke depan.

"Terkait dengan Kapuas Ngaju sudah disetujui dan kita akan dukung, karena niatnya bagus dimana pemisiahan itu akan membuat percepatan pembangunan dari segi ekonomi dan infrastrktur. Kita mendukung itu semua, karena walaupun berpisah namun tetap satu. Adanya pemekaran tersebut dapat menggerakkan pembangunan di segala bidang dengan cepat dan tepat," ujar Ermal.

Perjalanan pembentukan Kabupaten baru Kapuas Ngaju yang meliputi lima kecamatan di Kabupaten Kapuas yaitu Kecamatan Timpah, Pujon, Sei Hanyo, Pasak Talawang dan Mandau Talawang sudah hampir di tahap akhir, hanya tinggal menunggu keputusan pusat.

"Kita siap mendukung, kita hanya tinggal menunggu dan proses ini tetap akan dikawal,” pangkas Ermal. 

Pilkada Kapuas

Selain itu, terkait pemilihan kepala daerah di Kabupaten Kapuas pada tahun ini, Wagub Kalteng berpesan kepada pemangku kepentingan untuk berperan aktif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada nanti. 

"Segenap stakeholder kiranya bisa berperan aktif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya sebaik baiknya," harapnya.

Masyarakat punya hak pilihan sesuai hati nuraninya agar mendapatkan pemimpin atau kepala daerah Kabupaten Kapuas yang berkualitas dan mampu membangun daerah untuk lebih maju. 

"Mari kita jaga dan ikuti proses pemilihan umum ini yang bermartabat agar melahirkan pemimpin atau kepala daerah yang berkualitas," katanya.

Disampaikan lebih lanjut tema yang diusung dalam perayaan HUT Kabupaten Kapuas pada tahun ini memiliki makna yang mengandung semangat dan motivasi dalam rangka mewujudkan visi dan misi Kabupaten Kapuas, yaitu menuju Kabupaten yang lebih maju, sejahtera dan mandiri melalui pembangunan yang adil dan merata serta berkelanjutan.

Upacara yang berlangsung khidmad tersebut dihadiri oleh Pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan, Ketua DPRD Kapuas Algrin Gasan, Sekretaris Daerah Kapuas Rianova, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kapuas, Kepala SOPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas, Camat, Kepala Desa, Lurah, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan Tokoh Adat.