2018 Ekonomi Kalteng diperkirakan tumbuh 6,70 persen

id Bank Indonesia Kalteng, Wuryanto,pertumbuhan Ekonomi Kalteng

Diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di salah satu hotel di Palangka Raya, Kamis (22/3). (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah memperkirakan ekonomi di provinsi berjuluk "Bumi Pancasila dan Bumi Tambun Bungai" akan tumbuh antara 6,30 - 6,70 persen selama 2018.

"Secara keseluruhan di tahun 2018, perekonomian Kalimantan Tengah diperkirakan akan tumbuh sebesar 6,30 - 6,70 persen atau relatif stabil dibandingkan dengan kinerja ekonomi tahun 2017," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Wuryanto di Palangka Raya, Kamis.

Pertumbuhan ekonomi tahun 2018 tersebut akan ditopang oleh meningkatnya investasi dan konsumsi pemerintah. Sementara dari sisi konsumsi sektor rumah tangga diprediksi relatif stabil.

Pernyataan itu diungkapkan Wuryanto usai acara Diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di salah satu hotel di Palangka Raya.

Pria berkacamata ini mengatakan, pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah triwulan ke-2 2018 juga diperkirakan berada pada kisaran 6,5 - 6,9 persen.

Sementara dari sisi permintaan, peningkatan konsumsi RT serta perbaikan kinerja konsumsi pemerintah dan investasi akan menjadi motor utama penggerak pertumbuhan ekonomi pada triwulan ke-2 2018.

"Di sisi penawaran, peningkatan sektor perdagangan besar dan eceran seiring adanya perayaan momen Ramadhan dan hari raya Lebaran akan memberikan andil yang cukup tinggi pada pertumbuhan ekonomi triwulan ke-2 2018," kata Wuryanto.

Pada acara yang dihadiri oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, perbankan, asosiasi dunia usaha dan akademisi itu, dia juga mengatakan mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah triwulan ke-4 2017 sebesar 5,34 persen atau lebih rendah dibandingkan triwulan ke-3 2017 yang tumbuh pada level 6,13 persen.

Meski secara keseluruhan melambat, pertumbuhan ekonomi Kalteng masih berada di atas kinerja ekonomi nasional selama lima tahun terakhir.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar