Pemkab ajak Perbankan bantu pengembangan UMKM Kotim

id umkm kotim, pengusaha umkm, perbangkan

Pemkab ajak Perbankan bantu pengembangan UMKM Kotim

Usaha mikro, kecil dan menengah di Kabupaten Kotawaringin Timur menggeliat, namun harus dibantu. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mengajak perbankan membantu pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan memberi kemudahan pinjaman modal.

"Kita memerlukan solusi masalah permodalan karena banyak dikeluhkan oleh pengusaha, terutama pelaku UMKM. Kami berterima kasih kepada bank yang sudah memberi kemudahan kepada pelaku usaha," kata Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Rustam Fuadi di Sampit, Kamis.

Saat ini semangat pelaku UMKM di Kotawaringin Timur makin menggeliat. Fenomena positif ini harus terus didorong karena dampaknya sangat baik terhadap ekonomi kerakyatan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selama ini pelaku usaha sering terkendala modal dalam mengembangkan usaha. Terlebih pelaku UMKM, sering kesulitan mengakses bantuan pinjaman modal dari perbankan karena keterbatasan informasi.

Kendala lain yang dihadapi adalah syarat-syarat pinjaman modal yang dinilai cukup memberatkan, di antaranya keharusan adanya agunan. Kendala-kendala itulah yang perlu dicarikan solusi.

Rustam mengapresiasi langkah yang dilakukan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) serta pihak lainnya yang menggelar diskusi dengan melibatkan kalangan perbankan. Kegiatan itu diharapkan mampu menjembatani aspirasi pelaku usaha dan memberi ruang bagi perbankan untuk menawarkan solusi yang mungkin bisa diterima pelaku usaha.

"Kolaborasi Kadin dengan perbankan dan pelaku ekonomi lainnya diharapkan mampu meningkatkan perdagangan dan investasi di Kotawaringin Timur. Masih banyak potensi yang belum terjamah dalam hubungan perdagangan di Kotawaringin Timur," kata harap Rustam.

Berkumpulnya pelaku bisnis membahas dan pihak terkait diharapkan dapat menjadi sarana strategis menghadirkan kebijakan dan rekomendasi yang memperkuat iklim bisnis di Kotawaringin Timur.

Ketua Kadin Kotawaringin Timur, Susilo mengajak seluruh pelaku usaha bergabung ke dalam Kadin. Pihaknya akan terus berusaha mendorong perkembangan seluruh pelaku usaha di daerah ini.

"Kadin ini organisasi milik semua pelaku usaha. Kami berkomitmen untuk membantu agar kegiatan usaha ekonomi masyarakat makin meningkat. Potensi perekonomian Kotawaringin Timur sangat besar," kata Susilo.

Kadin sudah melakukan komunikasi dengan banyak pihak, termasuk kalangan perbankan. Kadin siap membantu memfasilitasi pelaku usaha, termasuk pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha.