Atasi dengan ini bila susah tidur karena mendadak terbangun

id sulit tidur, kebangun tiba-tiba, kesehatan

Atasi dengan ini bila susah tidur karena mendadak terbangun

Ilustrasi - Tidur (pixabay)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Sebagian dari Anda mungkin pernah terbangun mendadak malam hari dan sulit kembali tidur.

Penyebab paling umum terbangun di tengah malam adalah kebutuhan mendesak seperti buang air kecil atau bahkan sleep apnea yang melibatkan gangguan pernafasan berulang, kata Dr Prashant Chhajed, kepala departemen pengobatan pernafasan dari Fortis Hiranandani Hospital di India.

Lalu apa yang harus dilakukan agar bisa kembali tidur? Berikut kiatnya: 

Matikan lampu 

Lampu yang terang mengurangi tingkat melatonin, yang mengendalikan siklus tidur, di dalam tubuh. Menjaga cahaya tetap redup bisa membuat Anda mengantuk, kata Dr Rajesh Chawla, konsultan senior, di Indraprastha Apollo Hospital.

Jangan makan malam hari 

Makan saat larut malam meningkatkan gula darah dan saat Anda sedang tidur, gula darah bisa melonjak. Ketika ini terjadi, kadar kortisol meningkat dan tingkat melatonin berkurang.

Jauhkan ponsel

Kebanyakan orang cenderung mengakses media sosial atau sekedar menghibur diri dengan menonton siaran televisi jikat tidak bisa tidur. Dr. Chhajed dengan tegas menentang perilaku ini. Dia mengatakan ponsel memancarkan cahaya biru, yang diketahui bisa mengurangi tingkat melatonin di tubuh yang pada gilirannya membuat Anda lebih sulit tertidur.

Meditasi

Meditasi dan relaksasi dapat menenangkan Anda untuk kembali tidur. Menurut sebuah studi dari Harvard, meditasi dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. 

Hal ini karena kegiatan ini melibatkan fokus pada pernapasan kemudian membawa pikiran Anda ke masa kini tanpa melayang ke dalam kekhawatiran tentang masa lalu atau masa depan. Demikian seperti dilansir Indian Express. 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa