Perbasi Palangka Raya berupaya cetak pelatih dan wasit profesional

id Perbasi Palangka Raya,Basket Ball Kalteng,Perbasi Kalteng,Bola Basket Kalteng,Bola Basket Palangka Raya

Sekretaris Umum Perbasi Kota Palangka Raya, Akhmad Januariansyah Bagan (Dokumentasi Perbasi Palangka Raya)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pengurus Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) Kota Palangka Raya dalam waktu dekat akan melaksanakan kursus pelatih dan wasit dengan lisensi C. Hal itu sebagai upaya untuk menambah jumlah pelatih dan wasit bola basket profesional di daerah tersebut.

"Kami ingin terus meningkatkan profesionalitas wasit dan pelatih, sehingga bagi siapa saja yang ingin mendapatkan lisensi C nasional maka dapat mengikuti kursus tersebut," kata Sekretaris Umum Perbasi Kota Palangka Raya, Akhmad Januariansyah Bagan, di Palangka Raya, Senin.

Kursus pelatihan dan wasit lisensi C tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 3 - 6 April mendatang, dengan pematerinya Coach Danny Kosasih yang juga merupakan Ketua Perbasi Indonesia.

Menurut pria yang akrab disapa Rian tersebut, kursus berlisensi ini merupakan kesempatan emas bagi para peserta karena kegiatan tersebut tidak cukup sering dilaksanakan. Bahkan kursus ini juga dibuka untuk bagi peserta dari daerah lain apabila berminat.

Rian mengatakan, nantinya para peserta yang lulus dan mendapatkan sertifikat itu secara otomatis akan masuk ke dalam daftar Perbasi Kota Palangka Raya, baik itu untuk wasit atau pelatih.

Rian mengaku, saat ini sudah ada kurang lebih 40 orang yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan tersebut. Karena jarangnya agenda kursus pelatih dan wasit basket di Palangka Raya, sehingga banyak peserta yang berminat, namun terpaksa dibatasi jumlah orangnya agar kursus ini nantinya dapat berjalan dengan baik.

"Kalau nanti orangnya terlalu banyak, kami khawatir peserta baik itu yang mengikuti kursus wasit atau pelatih tidak bisa fokus. Selain itu, kemungkinan pemateri juga akan kebingungan kalau orangnya kebanyakan," ujar Rian.

Meski demikian, lanjutnya, saat ini masih ada beberapa kuota untuk peserta kursus baik itu jatah pada wasit atau pelatih.

Rian mengungkapkan, peserta dalam kegiatan ini dikenakan biaya pendaftaran, yakni Rp500 ribu untuk pelatih, dan Rp400 ribu untuk wasit.

"Kami berharap melalui kegiatan ini nantinya Palangka Raya akan mencetak wasit dan pelatih yang profesional sehingga juga menghasilkan atlet yang handal. Kemudian, semoga saja kegiatan ini bisa menjadi rutinitas tahunan Perbasi Palangka Raya, kalau sekarang lisensi C semoga saja tahun depan bisa naik ke lisensi B," demikian Rian.

 

Pewarta :
Editor: Rachmat Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar