Disdik Kalteng seleksi cerdas cermat tingkat nasional

id Disdik Kalteng, A Syaifudi, Cerdas Cermat Empat Pilar Kebangsaan MPR RI

Disdik Kalteng seleksi cerdas cermat tingkat nasional

Kabid Pembinaan SMA, Disdik Kalteng A. Syaifudi pada acara Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar Kebangsaan MPR RI tingkat SMA se Kalteng di Palangka Raya, Selasa (27/3/18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah melakukan seleksi lomba cerdas cermat empat pilar kebangsaan tingkat SMA guna mewakili provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai dan Bumi Pancasila" ini mengikuti kegiatan serupa di tingkat nasional.

"Pada hari ini kami bekerjasama dengan MPR RI melaksanakan lomba cerdas cermat empat pilar kebangsaan tingkat SMA. Pemenang pada lomba ini akan mewakili Kalteng pada ajang serupa di tingkat nasional," kata Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah, Slamet Winaryo melalui Kabid Pembinaan SMA, A. Syaifudi di Palangka Raya, Selasa.

Dia menerangkan, peserta lomba dalam rangka seleksi cerdas cermat tingkat nasional tersebut berasal dari sembilan SMA dari sembilan kabupaten/kota di Kalteng. Lombanya sendiri dilaksanakan pada 26-29 Maret 2018

Lomba cerdas cermat tingkat SMA se Kalteng ini berjumlah 90 siswa. Mereka berasal dari SMA di Kota Palangka Raya, Kabupaten Kapuas, Barito Selatan, Barito Utara, Kotawaringin Timur, Kota Waringin Barat, Lamandau, Seruyan dan Kabupaten Gunung Mas.

Sementara lima kabupaten lain yang tidak hadir bukan karena tidak datang tapi sebagian telah mewakilkan dengan kabupaten lain karena melaksanakan seleksi gabungan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Saifudi usai pembukaan lomba cerdas cermat empat pilar MPR RI ini dilaksanakan di salah satu hotel di Palangka Raya.

Asisten III bidang Administrasi Umum Pemprov Kalteng, I Ketut Widi Wiryawan mewakili Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran berharap kegiatan tersebut dapat membuka ruang dan pemahaman peserta terkait nilai-nilai luhur bangsa.

"Sehingga mampu diimplementasikan dalam kehidupan bersekolah dan bermasyarakat," katanya.

Pihaknya pun berharap cerdas cermat tersebut semakin membuka wawasan para siswa tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika atau yang dikenal dengan empat pilar kebangsaan.

Turut hadir dalam acara itu seperti Kepala Biro Persidangan dan Sosialisasi Sekjen MPR RI Tugiyana dan Kepala Bagian Sekretariat Fraksi dan Kelompok Anggota Usep Supriatna.

"Lomba ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi empat pilar oleh MPR RI yang dikerjasamakan dengan pemerintah provinsi Kalteng," katanya.

Pihaknya pun berharap melalui lomba tersebut para siswa sebagai calon penerus bangsa dapat memahami dan mengimplementasikan empat pilar dan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.