Kemasan produk olahan jadi kendala UMKM Pulpis, ini solusinya!

id pulpis,UMKM Pulpis,Kemasan produk olahan jadi kendala UMKM Pulpis, Elieser Jaya

Kemasan produk olahan jadi kendala UMKM Pulpis, ini solusinya!

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Kabupaten Pulang Pisau, Elieser Jaya (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito).

Rencana pendirian rumah desain ini mudah-mudahan bisa direalisasikan tahun depan
Pulang Pisau (Antaranews Kalteng) - Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng Elieser Jaya mengatakan pihaknya mewacanakan membuat rumah desain untuk membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah setempat.

"Rencana pendirian rumah desain ini mudah-mudahan bisa direalisasikan tahun depan," kata Elieser Jaya, Selasa.

Dikatakan Elieser, rumah desain atau semacam rumah kemasan yang untuk packing produk olahan usaha masyarakat. Harus diakui, selama ini para pelaku UMKM masih kesulitan dalam memasarkan dalam bentuk kemasan yang bisa mengundang daya tarik pembeli khususnya bagi industri kecil dan rumah tangga.

Untuk mengoperasionalkan rumah desain ini, terang Elieser, tentu diperlukan sumber daya. Salah satunya memberikan pelatihan yang mumpuni agar bisa mengolah berbagai bentuk kemasan yang dibutuhkan para pelaku UMKM. 

Setelah melalui proses pelatihan, sumber daya ini disokong lagi dengan bantuan dari pemerintah berupa peralatan agar bisa memenuhi pemesanan kemasan dari para pelaku UMKM.

Elieser mengungkapkan berbagai produk olahan industri kecil dan rumah tangga yang ada di daerah setempat masih dalam kemasan ala kadarnya sehingga kurang memancing minat orang membeli. 

Pola ini yang harus dirubah ke dalam bentuk kemasan yang lebih menarik dan higenis. Dengan membantu para pelaku UMKM dalam hal kemasan ini yang diharapkan akan menambah daya tarik dan nilai jual produk, selain itu membuat daya tahan dan rasa produk mampu bertahan untuk waktu yang cukup lama.

"Kemasan ini memang dibeli oleh para pelaku UMKM tetapi dengan harga yang tidak memberatkan," papar Elieser Jaya.

Menurut Elieser Jaya, para pelaku UMKM yang terdata dari usaha rumah tangga, kecil, dan menengah di Kabupaten Pulang Pisau berjumlah sebanyak 7.056 UMKM. Potensi ini cukup besar, apabila bisa dikembangkan untuk memutar roda perekonomian masyarakat di daerah setempat.