Kementan bantu petani Bartim mesin perontok padi

id mesin perontok padi,riza primadi,distan bartim

Kementan bantu petani Bartim mesin perontok padi

Kadis Pertanian Bartim, Ir Riza Rahmadi acungkan jempol usai mencoba pengoperasionalan mesin panen dan perontok bantuan dari Kementerian Pertanian RI saat panen raya di Desa Ramania, Kecamatan Patangkep Tutui, Rabu (28/03/2018). (Foto Antara Kalteng/

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah menyerahkan secara simbolis mesin perontok padi dari Kementerian Pertanian kepada gabungan kelompok tani di Kecamatan Patangkep Tutui.

Kepala Dinas Pertanian Bartim, Ir Riza Rahmadi mengatakan, bantuan mesin perontok padi tersebut untuk memudahkan petani dalam memanen padi.

"Mesin panen padi yang serbaguna itu merupakan bantuan dari Kementan. Bisa digunakan untuk panen dan perontok padi," kata Riza, Kamis.

Menurutnya, mesin yang berteknologi canggih itu bisa memotong dan merontokkan padi seluas 2 hektare per hari. Tentu ini akan menghemat biaya pengeluaran bagi petani.

Namun, Riza juga mengingatkan agar perawatan mesin tersebut juga terus dijaga dan dipelihara secara kontinyu, sehingga bisa digunakan secara berkelanjutan.

Salah satu petani yang menerima manfaat mesin panen dan perontok padi, Taupik mengatakan, para petani tentu merasa terbantukan dengan bantuan mesin tersebut. 

"Kami sangat bersyukur atas bantuan pemerintah yang semata-mata ingin mensejahterakan petani," kata Taupik didampingin rekannya Udin.

Pantauan Antara Kalteng, Taupik dan Udin dibekali pelatihan penggunaan mesin panen dan perontoh padi tersebut. Mereka berdua juga dilatih pengoperasian hingga perawatannya.