Terapkan pola hidup sehat antisipasi penyebaran DBD

id Dinkes Palangka Raya, Andjar Hari P,penyebaran DBD

Terapkan pola hidup sehat antisipasi penyebaran DBD

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari P. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah menggencarkan antisipasi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di kota setempat.

"Upaya tersebut kami lakukan melalui berbagai cara seperti sosialisasi melalui puskesmas maupun menerjunkan tim pemantau jentik," kata Plt Kadis Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari P di Palangka Raya, Sabtu.

Melalui mobil puskesmas keliling pihaknya juga selalu memberikan edukasi dan pemahaman tentang pola pelaksanaan hidup sehat.

Dia mengatakan, pada 2017 dua warga Palangka Raya meninggal akibat DBD. Wilayah "Kota Cantik" ini pun masuk kategori endemi DBD sehingga diperlukan peran masyarakat dalam memberantas penyebaran DBD.

"Semua pihak harus terlibat. Apalagi saat ini wilayah kami masih masuk kategori musim hujan," katanya.

Andjar pun mengajak masyarakat untuk membudayakan pola hidup bersih dan sehat (PBHS), melaksanakan gerakan masyarakat sehat (Germas) serta melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Menurut dia, upaya tersebut bisa dimulai dari hal-hal sederhana seperti rajin menguras tempat penampungan air, selalu melaksanakan program 3M yakni menutup tempat penampungan air dan mengubur atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air.

Dia menambahkan, Dinas Kesehatan melalui puskesmas juga telah menyiapkan bubuk abate yang bisa diperoleh secara gratis oleh masyarakat.

Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Rusdiansyah juga mengajak masyarakat agar aktif melakukan upaya antisipasi penyebaran DBD dengan menjaga kebersihan lingkungan minimal di lingkungan keluarga.

"Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan salah satu pilar utama dan sebagai salah satu strategi paling efektif dalam memastikan masyarakat selalu sehat," katanya.

Dia pun meminta Dinas Kesehatan dapat berinovasi dalam memberikan sosialisasi dan edukasi terkait program gerakan masyarakat hidup sehat guna meminimalkan dampak serangan berbagai penyakit yang ada.