BPS Libatkan OJK dan Pemprov rumuskan strategi penyusunan Disagregasi PMTB

id Hanif Yahya Kepala BPS Kalteng,BPS Kalteng,OJK Kalteng,BI Kalteng,Kalimantan Tengah,penyusunan Disagregasi PMTB di Kalteng

BPS Libatkan OJK dan Pemprov rumuskan strategi penyusunan Disagregasi PMTB

(Dari kiri) Kepala BPS Kalteng Hanif Yahya, Kepala OJK Kalteng Rusli, Kepala Bappedalitbang Yuren S Bahat, dan Deputi Bank Indonesia Perwakilan Kalteng Setian, Palangka Raya, Senin (9/4/18). (Foto AntaraKalteng/Jaya W Manurung)

Pelibatan OJK dan SOPD di lingkungan Pemprov Kalteng ini dilakukan melalui rakor Penyusunan Disagregasi PMTB Provinsi Kalteng 2018 dengan tema Memacu Investasi dan Infrastruktur Untuk Pertumbuhan dan Pemerataan
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Badan Pusat Statistik Kalimantan Tengah melibatkan Otoritas Jasa Keuangan dan Satuan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi dalam merumuskan strategi penyusunan disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto yang akan dilakukan di provinsi ini.

Selain merumuskan strategi pelibatan ini juga sebagai upaya mengetahui kondisi terkini investasi dan kontribusi PMTB dalam perekonomian di provinsi ini, kata Kepala BPS Kalteng Hanif Yahya, saat rapat koordinasi penyusunan Disagregasi PMTB Kalteng tahun 2018, di Palangka Raya, Senin.

"Kita juga ingin menyamakan persepsi dan pemahaman, serta koordinasi dan kerjasama dalam kegiatan penyusunan disagregasi PMTB tahun 2018, khususnya sektor institusi dan lapangan usaha," tambahnya.

Pelibatan OJK dan SOPD di lingkungan Pemprov Kalteng ini dilakukan melalui rakor Penyusunan Disagregasi PMTB Provinsi Kalteng 2018 dengan tema “Memacu Investasi dan Infrastruktur Untuk Pertumbuhan dan Pemerataan”.

Dia mengatakan untuk membahas beberapa hal terkait tema tersebut, dilakukan diskusi sebagai upaya melihat sejauh mana tantangan dan peluang investasi serta pembangunan infrastruktur di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini dengan menghadrikan Kepala Bappedalitbang Kalteng sebagai narasumber.

"Untuk peran Lembaga Keuangan dalam memacu investasi dan infrastruktur di Kalteng, dihadirkan Kepala OJK Provinsi Kalteng sebagai narasumber. 
Penguatan data investasi melalui Penyusunan Disagregasi PMTB, saya yang menjadi narasumber," beber Hanif.

Kepala BPS Kalteng ini menyebut pelibatan melalui rakor ini merupakan salah satu tahapan penting dalam Penyusunan Disagregasi PMTB. Rakor ini pun dilaksanakan di seluruh provinsi, kabupaten/kota di Indonesia, termasuk di Kalteng.

"Dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan bahan rumusan dan strategi untuk pelaksanaan Disagregasi PMTB menurut sektor institusi dan lapangan usaha untuk masyarakat Kalteng," demikian Hanif.