Ini salah satu misi pembangunan Barsel yang harus didukung seluruh komponen

id Pemkab Barsel, Barsel,Buntok,Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri

Ini salah satu misi pembangunan Barsel yang harus didukung seluruh komponen

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri saat diwawancarai sejumlah wartawan. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mengatakan salah satu misi pembangunan kabupaten setempat terdapat tentang pengelolaan lingkungan hidup.

"Perlindungan, dan pengelolaan bidang lingkungan hidup termuat dalam tujuan kedelapan pada misi ketiga pembangunan Barito Selatan," katanya, di Buntok, Senin.

Ia mengatakan, dalam misi tersebut yakni terwujudnya pembangunan yang berbasis pengelolaan Sumber Daya Alam yang lestari.

"Dalam misi itu, ada dua sasaran pembangunan yakni meningkatnya ketaatan pengelolaan lingkungan hidup, dan terealisasinya perencanaan tata ruang yang akomodatif, dan konsisten," ucap Eddy Raya Samsuri.

Karena lanjut Bupati Barito Selatan itu, harus disadari bahwa ancaman perusakan, dan pencemaran dalam setiap tahunnya semakin meningkat.

"Sebab aktifitas pembangunan dalam berbagai bidang seperti infrastruktur, pertambangan, perkebunan, industri, pertanian, dan lainnya sangat berpengaruh terhadap lingkungan hidup," jelasnya.

Untuk itu kata Bupati Barito Selatan, diperlukan komitmen bersama dalam pengelolaan lingkungan hidup dari seluruh komponen.

Disamping itu lanjut dia, diperlukan juga sinergitas, keterpaduan kesamaan persepsi, dan komitmen bersama antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Kalteng.

"Hal tersebut dalam upaya perlindungan, dan pengelolaan urusan lingkungan hidup untuk menghasilkan sinkronisasi, efisiensi, dan efektifitas program dalam pengelolaan lingkungan hidup yang semakin baik," ucap Eddy Raya Samsuri.

Oleh karena itu ia berharap melalui rapat koordinasi daerah tentang perlindungan, dan pengelolaan lingkungan hidup tingkat provinsi Kalteng yang dilaksanakan di Barito Selatan ini dapat menjadi momentum bagi kita bersama untuk terus berupaya, dan bekerja keras mengatasi berbagai masalah lingkungan hidup yang semakin kompleks, dan rumit.