Pemkab Barsel daftarkan seluruh warga ke BPJS

id bpjs kesehatan,bupati barsel

Pemkab Barsel daftarkan seluruh warga ke BPJS

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri saat diwawancarai media. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah memprogramkan jaminan kesehatan melalui kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada tahun 2018.

"Tahun ini telah diprogramkan jaminan kesehatan seluruh warga melalui BPJS Kesehatan," kata Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri saat berkunjung ke Desa Marawan Lama, Kecamatan Dusun Utara, Selasa.

Oleh sebab itu, seluruh masyarakat Barito Selatan tidak perlu takut lagi berobat ke Puskesmas maupun Rumah Sakit Umum untuk membayar biaya berobat.

"Karena semua biaya berobat bagi masyarakat tidak mampu sudah ditanggung Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dengan catatan mereka yang sudah terdaftar administrasi kependudukannya di Dinas Kependudukan, dan Catatan Sipil Barito Selatan," kata dia.

Untuk itu, Bupati meminta kepada camat, dan Kepala Desa harus lebih proaktif membantu warganya agar pihak BPJS dapat menerbitkan kartu jaminan kesehatan bagi masyarakat.

"Sebab kartu jaminan kesehatan ini berlaku tidak hanya di wilayah Barito Selatan, tapi juga berlaku secara nasional di seluruh Indonesia," tambah Eddy Raya Samsuri.

Menurut dia, program ini untuk mendorong terwujudnya jaminan kesehatan bagi masyarakat di Barito Selatan ini.

Hal itu lanjut dia, sesuai dengan visi, misi dirinya bersama dengan Wakil Bupati yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (PRPJMD) 2017-2022.

Dengan demikian kata dia, masyarakat tidak perlu lagi keluar daerah, apabila ingin berobat atau mendapatkan pelayanan kesehatan.

Acara Safari Nyepi Bupati di Desa Marawan Lama tersebut dihadiri Wakil Bupati Barsel, Satya Titiek Atyani Djoedir, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah, dan Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.