Kotim dan Kediri gelar pameran bisnis bersama di Sampit

id pameran bisnis bersama,pameran kotim-kediri,kadin kotim

Kadin Kediri dan Kadin Kotim diterima Sekretaris Daerah Kotim Halikinnor saat kunjungan di Sampit pada 4 April lalu. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng dan Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menggelar pameran bisnis bersama di Sampit, Senin (26/4) yang difasilitasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) masing-masing daerah.

"Ini merupakan tindak lanjut kunjungan Kadin dan Pemerintah Kota Kediri ke Sampit pada 4 April lalu. Kami optimistis akan banyak kerja sama bisnis yang bisa dilakukan pemerintah dan pelaku usaha di dua daerah ini," kata Ketua Kamar Dagang dan Industri Kotawaringin Timur, Susilo di Sampit, Kamis.

Kegiatan itu merupakan kerja sama Kadin Kotawaringin Timur dengan beberapa pihak, khususnya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Pemerintah daerah dan pelaku usaha harus memanfaatkan momen itu untuk membuka peluang kerja sama dan pengembangan bisnis.

Kegiatan yang akan digelar di Citimall Sampit itu diberi nama `B2B Expo Two Regions` yang melibatkan pemerintah daerah dan pelaku bisnis Kotawaringin Timur dan Kediri.

Selain pengusaha, kegiatan itu rencananya juga dihadiri kepala daerah masing-masing yaitu Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi dan Pejabat Sementara Wali Kota Kediri Jumadi.

Kegiatan yang dilaksanakan yaitu bazar expo, seminar kewirausahaan, bussines marketing, bussines contact, bussines network, job fair, pagelaran seni dan budaya Kotawaringin Timur, serta peragaan busana batik Sampit dan Kediri.

Ajang itu merupakan terobosan yang digagas Kadin Kotawaringin Timur dan baru pertama kali dilaksanakan. Kadin mencoba membuka peluang bagi pemerintah daerah dan pelaku usaha kedua daerah untuk menjalin kerjasama bisnis yang saling menguntungkan.

Pelaku usaha dari berbagai bidang dan skala di Kotawaringin Timur, akan difasilitasi mempromosikan produk mereka, begitu pula sebaliknya. Kegiatan itu diharapkan mampu menghasilkan kerja sama saling menguntungkan bagi kedua daerah dan terus diperluas.

Pelaku usaha di Kotawaringin Timur membutuhkan akses pasar lebih luas di luar daerah. Selain itu, momen itu juga bisa menjadi sarana awal kerja sama dalam hal pengembangan sumber daya manusia dan alih teknologi untuk meningkatkan kualitas produk.

"Dengan mempertemukan langsung pemerintah daerah dengan pemerintah daerah, serta pelaku usaha dengan pelaku usaha, diharapkan akan ketemu kepentingan dan kerjasama yang saling menguntungkan. Kami yakin ini membawa dampak sangat positif bagi daerah dan pelaku usaha kita," kata Susilo.

Susilo menambahkan Kadin akan terus membuat terobosan untuk membantu promosi daerah dan peluang pengembangan pelaku usaha. Kerja sama akan terus dijalin dengan daerah-daerah lain, khususnya melalui jejaring yang dimiliki Kadin dengan Kadin daerah lain.
 

Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar