Kotim targetkan juara umum MTQ Kalteng

id MTQ Kalteng,Kafilah Kotim,MTQ Kalteng di Pulang Pisau,LPTQ,Supian Hadi

Kotim targetkan juara umum MTQ Kalteng

Kafilah MTQ Kotim berfoto bersama sebelum berangkat menuju arena MTQ Kalteng di Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (12/4/2018). (Foto Protokol Kotim)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Kabupaten Kotawaringin Timur menargetkan juara umum pada Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) ke-29 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang berlangsung di Kabupaten Pulang Pisau, 14-21 April 2018.

"Target menjadi juara umum itu saya rasa sangat realistis. Pada MTQ sebelumnya, Kotawaringin Timur menjadi juara dua dengan selisih nilai yang tidak banyak dengan juara umum. Makanya tahun ini kami berharap berhasil menjadi juara umum," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Kamis.

Supian memberangkatkan kafilah MTQ Kotawaringin Timur yang beranggotakan 116 orang. Rombongan menempuh perjalanan darat sekitar enam jam menggunakan sejumlah bus.

Mereka akan mengikuti seluruh cabang yang diperlombakan yakni sebanyak 36 cabang. Rombongan diharapkan bisa membawa pulang gelar juara di semua cabang lomba karena persiapan yang dilakukan sudah matang.

"LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur`an) sudah membantu persiapan yang matang. Kini tinggal mereka diharapkan bisa menampilkan yang terbaik. Jaga kesehatan agar bisa optimal saat tampil," kata Supian.

Ketua LPTQ Kotawaringin Timur, H Burhanudin mengatakan, persiapan sudah dilakukan secara matang, khususnya setelah ada hasil MTQ ke-49 tingkat kabupaten yang dilaksanakan di Kecamatan Cempaga pada Februari lalu.

Seluruh juara kemudian dibina secara rutin untuk membantu persiapan mereka. Selain itu, masing-masing peserta juga terus berlatih sendiri untuk meningkatkan kemampuan mereka.

"Kami mohon doa seluruh masyarakat agar Kotawaringin Timur bisa menjadi juara umum. Prestasi kita pada 2015 menjadi juara dua STQ Kalteng, 2016 juara dua MTQ Kalteng di Palangka Raya dan pada 2017 sudah berhasil menjadi juara umum STQ di Murung Raya. Mudah-mudahan pada MTQ ini juga bisa berhasil menjadi juara umum," harap Burhanudin.

Sejumlah cabang andalan Kotawaringin Timur di antaranya kaligrafi, tafsir dan tahfiz. Sebaran bibit berbakat di antaranya berasal dari kawasan Selatan, kota Sampit dan sebagian Parenggean.

LPTQ Kotawaringin Timur merasa bangga karena peserta yang diikutsertakan merupakan asli putra daerah. Namun, Burhanudin tidak mempermasalahkan jika ada qari atau qari`ah Kotawaringin Timur yang memilih membela daerah lain.