Barcelona dekati gelar juara La Liga usai kalahkan Valencia

id barcelona, luis suarez

Pemain Barcelona, Luis Suarez. (straitstimes.com)

Barcelona (Antara/Reuters) - Barcelona merespon kekalahan tersingkir di Liga Champions, di laga La Liga berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Valencia pada Sabtu di Nou Camp, sehingga mengukir rekor di Liga Spanyol yakni 39 pertandingan tanpa kekalahan dan membawa mereka semakin mendekati gelar La Liga.

Luis Suarez membawa Barca memimpin pada menit ke-15, memaksimalkan operan dari mantan rekan setimnya di Liverpool Philippe Coutinho dan mencetak gol dengan satu sentuhan dari jarak dekat.

Coutinho kemudian mengirimkan tendangan sudut yang kemudian ditanduk Samuel Umtiti untuk menjadi gol kedua Barca pada menit ke-51, tidak lama setelah Gerard Pique menebus kesalahan Umtiti dengan menyapu tembakan dari penyerang Valencia Santi Mina dari garis gawang menyusul tergelincirnya pemain bertahan Prancis tersebut.

Kapten Dani Parejo mencetak satu gol balasan untuk tim peringkat ketiga Valencia dengan mengeksekusi penalti pada menit ke-87 dengan menaklukkan kiper Barca Marc-Andre ter Stegen, namun klub Katalan itu mampu bertahan dengan baik pada fase akhir pertandingan sehingga kini hanya berjarak tujuh poin dengan gelar liga ke-25nya.

Pasukan Ernesto Valverde memimpin sebanyak 14 poin atas pesaing terdekat Atletico Madrid, sedangkan Atletico akan menjamu Levante dan tim peringkat keempat Real Madrid berkunjung ke markas tim juru kunci Malaga pada Minggu.

Sang pelatih Barca memuji para pemainnya yang telah melupakan kekalahan dari Roma, namun mengatakan bahwa tersingkirnya mereka dari kompetisi Eropa telah mengendurkan antusiasme mereka untuk rekor tidak terkalahkan.

"Ini bukan pekan untuk berpikir mengenai rekor-rekor, kami tidak terlalu menganggap penting hal itu. Hal yang lebih penting adalah kami memberi semangat kepada diri sendiri setelah pekan yang sulit," kata Valverde pada konferensi pers.

"Normal saja bahwa para pemain ini ingin tetap memecahkan rekor. Namun ini merupakan kemenangan fundamental dalam banyak jalan. Pertama-tama, saya gembira dengan tiga poin. Kami memerlukan sepuluh poin untuk memenangi liga, kini tinggal tujuh (poin)."
   Dengan hujan deras yang mengguyur kota sepanjang hari, 30.000 kursi dari Nou Camp yang berkapasitas 99.000 penonton tidak terisi dan bahkan ketika Suarez menyelesaikan operan indah Coutinho, perayaan yang ada tidak terlalu ramai.

Valencia memulai pertandingan dengan bagus dan pemain sayap Goncalo Guedes melepaskan tembakan ke arah Ter Stegen, yang melakukan penyelamatan impresif lainnya untuk menggagalkan upaya pemain Portugal itu pada fase lanjutan babak pertama setelah Gerard Pique kehilangan penguasaan bola.

Kiper Jerman itu membuat dirinya berada di dalam masalah ketika ia mengirimkan operan lurus ke kaki penyerang Valencia Rodrigo, namun mampu menebusnya dengan menepis tembakan ke mistar gawang.

    
   Atmosfer muram
Lionel Messi tidak aktif pada sebagian besar jalannya babak pertama namun mampu memperbaiki penampilannya pada babak kedua, melepaskan tembakan melambung di atas mistar setelah menerobos pertahanan Valencia.

"Atmosfer di sekitar klub pada pekan ini sedikit muram dan kami perlu mengeremnya maka saya harus memberi ucapan selamat kepada para pemain karena itu tidak mudah," tambah Valverde.

"Sensasinya adalah bahwa kami telah gagal, bahwa kami telah mengecewakan para penggemar namun kami harus melihat ke depan dan tidak kehilangan pandangan terhadap apa yang masih dapat kami capai musim ini."

Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar