Ini hasil penyelidikan awal kebakaran mess PT Korindo dan rumah warga

id kebakaran mess korindo,polres kobar,PT korindo

Ini hasil penyelidikan awal kebakaran mess PT Korindo dan rumah warga

Kapolres Kobar AKBP Arie Sandi (topi coklat) didampingi Kasat Reskrim Polres Kobar AKP Tri Wibowo turun langsung ke lokasi kebakaran menyaksikan langsung identifikasi awal di TKP yang dilakukan oleh tim INAFIS Polres Kobar, Minggu (15/4). (Foto Hendri Gunawan)

Pangkalan Bun (Antaranews Kalteng) - Kepolisian Resor Kotawaringin Barat mulai menyelidiki penyebab kebakaran di Jalan Perwira RT 11 B Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kobar, yang menghanguskan tiga blok mess karyawan milik PT Korindo serta sembilan buah rumah warga.

Kapolres Kobar AKBP Arie Sandi Zulkarnain Sirat, usai memimpin penyelidikan di kompleks PT Korindo, Minggu, mengatakan, pihaknya baru melakukan identifikasi awal di TKP dan belum dapat memastikan penyebabnya. 

"Namun dapat dipastikan api berasal dari bangunan mess blok H, sebab dari kondisi yang kita lihat bangunan blok H yang rata dengan tanah, kalo blok E karena api yang terbawa angin," ucapnya.

Dikatakannya, semua penghuni blok H akan dimintai keterangan, terkait apa saja aktivitas yang mereka lakukan sesaat sebelum musibah kebakaran terjadi, saat ini sudah dua orang yang kita mintain keterangan.

"Kita juga akan mendatangkan tim Labfor dari Surabaya untuk menyelidiki kebakaran ini, kemungkinan mereka akan datang satu atau dua hari ke depan" ungkap Arie Sandi.

Baca: Mess Karyawan PT Korindo Diamuk si 'jago merah', 9 rumah warga ikut terbakar

Diketahui kebakaran terjadi pada pukul 11.45 WIB, dengan menghanguskan 3 mess Korindo (Blok G, H, E), 9 buah rumah warga dengan rincian 7 rusak berat habis terbakar,  2 rusak ringan serta satu buah banguna bengkel milik PT Korindo. Kebakaran tersebut mengakibatkan 56 kepala keluarga (KK) atau 158 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Sedikitnya 8 unit mobil pemadam kebakaran milik Damkar Kotawaringin Barat (Kobar), 2 unit mobil pemadam kebakaran milik PT. Korindo, 1 unit mobil AWC (Armored Water Cannon) milik Polres Kobar dikerahkan untuk memadamkan api.

Saat ini sebagian besar korban kebakaran sementara waktu ditampung di gedung GOR Bulutangkis milik PT Korindo yang tidak jauh dari lokasi kebakaran, sementara sebagian lainnya numpang dirumah kerabat serta keluarga.