612 satlinmas diturunkan amankan pilkada Palangka Raya

id Palangka Raya, Alman P Pakpahan,pilkada palangka raya,Satlinmas diturunkan,612 satlinmas diturunkan amankan pilkada Palangka Raya

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio usai membuka pelatihan satlinas di Palangka Raya, Senin (16/4/18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah menerjunkan sebanyak 612 satuan lindungan masyarakat (Satlinmas) dalam rangka pelaksanaan pengamanan pemilihan kepala darerah (Pilada) 2018 di kota setempat.

"Jumlahnya ada 612 Satlinmas yang kita libatkan dalam melakukan pengamanan Pilkada terutama di hari pemungutan suara Juni mendatang. Setiap TPS akan ada satu sampai dua Satlinmas yang berjaga," kata Plt Kepala Satpol PP Kota Palangka Raya, Alman P Pakpahan, Senin.

Pengamanan yang dilakukan Satlinmas tersebut seperti melakukan deteksi dini dan antisipasi potensi gangguan keamanan selama Pilkada terutama saat proses pemungutan suara di TPS.

Pernyataan itu diungkapkan Alman usai pembukaan pelatihan Satlinmas Kota Palangka Raya 2018.

"Pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman para anggota Satlinmas mengenai tupoksinya. Selain itu juga untuk meningkatkan cara komunikasi dan kemampuan mendeteksi dan mengantisipasi potensi kerawanan gangguan kamtibmas. Apalagi saat ini kita memasuki tahun politik," kata Alman.

Dalam kesempatan itu, pria yang juga sebagai Inspektur Kota Palangka Raya ini menerangkan, para peserta pelatihan merupakan anggota Satlinmas dari seluruh kelurahan di kota setempat.

Para peserta akan menjalankan pelatihan selama lima hari mulai dari materi ceramah, diskusi hingga pelatihan fisik dan penguatan mental.

"Untuk anggaran kita siapkan Rp700 juta itu termasuk untuk pengadaan kaos, celana dan sepatu bagi para Satlinmas," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio berharap para peserta dapat mengikuti setiap sesi dan meteri dengan serius agar hasil yang diperoleh maksimal.

"Karena pesta demokrasi cukup memerlukan pengawasan maka selain pihak terkait kita juga melibatkan peran Satlinmas. Untuk itu agar Satlinmas ini mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik maka agar mereka bisa mengikuti pelatihan dengan baik pula," katanya.Budi Suyanto
 

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar