Puluhan pemilih pemula di Lamandau ikuti simulasi pemungutan suara

id Andreas Nahan Komisioner KPU Lamandau, Andreas Nahan,komisioner KPU Lamandau,simulasi pemungutan suara,pemilih pemula,Kabupaten Lamandau,KPU Lamandau

KPU Kabupaten Lamandau, pada saat menggelar sosialisasi kepada para pelajar yang merupakan Pemilih pemula, diaula Kantor KPU Kabupaten Lamandau, Senin (16/4/18). (Foto Istimewa).

Kita melakukan simulasi ini dari mulai membuka surat suara, menentukan pilihan dengan mencoblos surat suara, dan memasukkannya ke dalam kotak suara yang telah disediakan
Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Puluhan pemilih pemula yang ada di Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah, mengikuti simulasi pencoblosan dan pemungutan suara pemilihan Kepala Daerah yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum setempat, Senin.

Simulasi ini sengaja dilakukan agar pemilih pemulah lebih bisa lebih mengetahui tahapan serta apa saja yang harus diperhatikan saat mencoblos, kata Komisioner KPU Kabupaten Lamandau divisi SDM dan partisipasi masyarakat, Andreas Nahan, di Nanga Bulik.

"Kita melakukan simulasi ini dari mulai membuka surat suara, menentukan pilihan dengan mencoblos surat suara, dan memasukkannya ke dalam kotak suara yang telah disediakan," tambah dia.

Diselenggarakannya simulasi ini merupakan langkah KPU Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada serentak tahun 2018, sekaligus Pemilihan Legislatif dan Presiden di tahun 2019.

Andreas mengatakan simulasi ini tidak hanya diselenggarakan di kantor KPU Lamandau, tapi juga di sejumlah kecamatan secara bertahap. Dalam simulasi ini turut disampaikan apa itu demokrasi, implementasinya hingga waktu pemungutan suara baik untuk Pilkada maupun pemilu 2019 nanti.

"Ini penting agar para pemilih pemula menyadari hak dan kewajibannya sebagai warga negara Indonesia. Termasuk pada saat memilih memang benar-benar menggunakan hati nurani dan bukan karena disuruh atau diminta pihak manapun," bebernya.

Komisioner KPU Lamandau ini pun mengharapkan semua pihak agar turut membantu dan terlibat aktif mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada tahun 2018. Hal itu diperlukan agar partisipasi pemilih, khususnya pemilih pemula bisa 100 persen di Kabupaten Lamandau.

"Kita berharap pemilih pemula di Kabupaten Lamandau akan berpartisipasi untuk menggunakan hak pilihnya baik itu dalam Pilkada Lamandau tahun 2018 ini, maupun Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 mendatang," demikian Andreas.

Pewarta :
Editor: Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar