Pameran bisnis Kotim - Kediri, pemkab inginkan ini

id Pameran bisnis bersama kotim - kediri,Pemkab kotim,Pemkot kediri,Kadin Kotim,Kadin Kediri,Bupati Kotim H Supian Hadi

Pameran bisnis Kotim - Kediri, pemkab inginkan ini

Bupati Kotim H Supian Hadi mencicipi ragam kuliner berbahan dasar ikan hasil olahan pelaku UMKM lokal. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pameran bersama Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng dan Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur pada 26 April, diharapkan mampu mendorong pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Momen kerjasama dengan Kediri ini harus dimanfaatkan secara optimal. Selain peluang investasi, ini menjadi kesempatan untuk mendorong pengembangan UMKM kita," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Senin.

Supian mengapresiasi inisiatif Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kotawaringin Timur dan Kadin Kediri yang membuka komunikasi kerjasama bisnis kedua daerah. Terobosan ini diharapkan membawa dampak positif bagi perekonomian kedua daerah.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dan Pemerintah Kota Kediri bisa menjalin kerjasama saling menguntungkan. Pelaku usaha kedua daerah juga bisa membangun kerjasama yang intens agar bisa lebih berkembang.

Bagi pelaku UMKM Kotawaringin Timur, pameran bersama nanti menjadi kesempatan besar untuk memperkenalkan lebih luas lagi produk lokal. Dari kegiatan itu, tidak menutup kemungkinan terjalin kerjasama dengan pengusaha Kediri yang siap memasarkan produk UMKM Kotawaringin Timur, maupun sebaliknya.

"Saya minta Kadin membantu menyiapkan pelaku UMKM yang akan diikutsertakan dalam pameran nanti. Kita juga bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk memperkenalkan seni budaya kita," kata Supian.

Supian berharap kerjasama ini berlanjut dan membawa dampak positif bagi kedua daerah. Pemerintah daerah juga merencanakan kunjungan balasan ke Kota Kediri untuk memantapkan kerjasama bisnis kedua daerah.

Ketua Kamar Dagang dan Industri Kotawaringin Timur, Susilo mengatakan, kegiatan ini merupakan kerjasama Kadin Kotawaringin Timur dengan beberapa pihak, khususnya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Pemerintah daerah dan pelaku usaha harus memanfaatkan momen ini untuk membuka peluang kerjasama bisnis.

Kegiatan yang akan digelar di Citimall Sampit itu diberi nama `B2B Expo Two Regions` yang melibatkan pemerintah daerah dan pelaku bisnis Kotawaringin Timur dan Kediri. Selain pengusaha, kegiatan itu rencananya juga dihadiri kepala daerah masing-masing yaitu Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi dan Pejabat Sementara Wali Kota Kediri Jumadi.

Kegiatan yang dilaksanakan yaitu bazar expo, seminar kewirausahaan, bussines marketing, bussines contact, bussines network, job fair, pagelaran seni dan budaya Kotawaringin Timur, serta peragaan busana batik Sampit dan Kediri.

Ajang ini merupakan terobosan yang digagas Kadin Kotawaringin Timur dan baru pertama kali dilaksanakan. Kadin mencoba membuka peluang bagi pemerintah daerah dan pelaku usaha kedua daerah untuk menjalin kerjasama bisnis yang saling menguntungkan.

Pelaku usaha dari berbagai bidang dan skala di Kotawaringin Timur, akan difasilitasi mempromosikan produk mereka, begitu pula sebaliknya. Kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan kerjasama saling menguntungkan bagi kedua daerah dan terus diperluas.