Tokoh Kalteng: Pemenang pilkada gelorakan dan angkat budaya daerah

id Tokoh Kalteng Sabran Ahmad,Pemenang pilkada,angkat budaya daerah

Tokoh Kalteng: Pemenang pilkada gelorakan dan angkat budaya daerah

Tokoh Kalimantan Tengah, Sabran Ahmad. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Kami meminta agar pemimpin yang terpilih nanti memahami budaya Dayak minimal di daerahnya. Selain itu juga agar seni dan budaya Dayak benar-benar menjadi salah satu penopang perekonomian masyarakat ...
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Tokoh Kalimantan Tengah, Sabran Ahmad meminta para pemenang pemilihan kepala daerah (Pilkada) di wilayah provinsi setempat berkomitmen semakin menggelorakan dan mengangkat budaya daerah agar mampu bersaing dengan budaya provinsi lain di tingkat nasional.

"Para pemenang Pilkada di Kalteng yang nantinya menjabat sebagai kepala daerah harus berkomitmen begitu. Melalui budaya kita dikenali dan diingat. Untuk itu penguatan pelestarian budaya harus menjadi salah satu program kerja pemenang Pilkada," kata Sabran Ahmad di Palangka Raya, Senin.

Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah ini juga berharap pemenang kontestan pada Pilkada 2018 di sejumlah wilayah Kalteng mengerti dan memahami setiap seni dan budaya daerahnya.

"Kami meminta agar pemimpin yang terpilih nanti memahami budaya Dayak minimal di daerahnya. Selain itu juga agar seni dan budaya Dayak benar-benar menjadi salah satu penopang perekonomian masyarakat yang salah satunya dilaksanakan dengan menggelar event budaya atau menampilkan budaya Dayak saat acara tingkat nasional," katanya.

Untuk itu, Sabran Ahmad pun mengajak masyarakat di Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah yang menggelar Pilkada mampu memilih calon pemimpin dengan cerdas dan cermat.

"Artinya jangan asal memilih, namun masyarakat harus mengenali siapa yang dipilihnya, bagaimana keluarganya, latar belakangnya, kualitas pribadi dan kepemimpinannya, apa yang pernah diperbuat untuk daerahnya termasuk melihat komitmen terhadap visi-misi yang diusungnya," katanya.

Di sisi lain pria berambut putih ini mengajak seluruh masyarakat Kalteng terutama yang menggelar Pilkada tetap menjaga kesatuan, persatuan dan toleransi sehingga keamanan dan kenyamanan tetap terjaga.

"Dukung pilihan secara wajar. Jangan sampai persatuan dan kesatuan Kalteng yang memiliki falsafah `huma betang` goyah karena Pilkada. Pilihlah dengan bijak dan jangan `golput`. Masa depan daerah kita juga menentukan," katanya.

Pria berkacamata ini pun mengajak masyarakat di Kalimantan Tengah semakin mencintai serta turut melestarikan berbagai seni dan budaya yang ada. Selain itu, dia juga mengingatkan agar warga Kalteng tak mudah terprovokasi dengan isu yang berkembang di luar daerah.