Pemkab Kotim buka pendaftaran lelang jabatan, ini enam jabatan yang dilelang

id Pemkab kotim lelang enam jabatan,Lelang jabatan,Seleksi terbuka jabatan,Alang arianto

Pemkab Kotim buka pendaftaran lelang jabatan, ini enam jabatan yang dilelang

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, membuka pendaftaran seleksi terbuka atau lelang pengisian enam jabatan pimpinan tinggi pratama setempat.

"Pengumuman sekaligus pembukaan pendaftaran. Kalau ada yang berkasnya siap mau mendaftar hari ini juga, silakan saja. Kali ini waktunya cukup lama yaitu sekitar satu bulan," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto di Sampit, Selasa.

Enam jabatan yang dilelang yaitu Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Lelang kali ini tidak hanya untuk mengisi jabatan yang belum ada pejabat definitif nya tetapi juga ada beberapa jabatan yang dievaluasi. Bagi pejabat yang jabatannya dievaluasi diperkenankan ikut seleksi pada jabatan yang sama atau memilih jabatan yang lain

Seleksi ini dilakukan secara terbuka sehingga boleh diikuti aparatur sipil negara dari daerah lain, asalkan mendapat persetujuan dari kepala daerah mereka. Ini merupakan lelang jabatan pertama di tahun 2018 dan dipastikan akan ada lelang jabatan berikutnya, mengingat ada beberapa jabatan yang akan kosong dalam beberapa bulan ke depan karena pejabatnya pensiun.

Calon peserta maksimal berusia 56 tahun per 1 Juli 2018. Tahapan seleksi yang yang harus dilalui yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural, tes kesehatan, tes kejiwaan dan tes bebas narkoba serta seleksi kompetensi bidang.

Pengumuman dan penerimaan berkas dilaksanakan pada 17 April sampai 15 Mei, selanjutnya seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak peserta seleksi dilaksanakan pada 17 April sampai 18 Mei. Kemudian hasil seleksi administrasi diumumkan pada 21 Mei 2018.

Tahapan seleksi dilanjutkan dengan uji kompetensi manajerial dan sosial kultural pada 24-26 Mei dan hasilnya akan diumumkan pada 4 Juni. Penyampaian hasil tes kesehatan kejiwaan dan narkoba dilaksanakan pada 5 hingga 22 Juni.

Tahapan berikutnya yaitu seleksi kompetensi bidang atau teknis, meliputi paparan makalah dan wawancara akhir pada 25 hingga 26 Juni. Hasil akhir seleksi oleh panitia seleksi akan diumumkan pada 29 Juni 2018.

Panitia seleksi diketuai Sekretaris Daerah Halikinnor dan Alang sebagai sekretaris. Sedangkan anggotanya yaitu Muhammad Yusuf yang merupakan mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Sonedi dari Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dan Suhaimi yang merupakan mantan Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin.

"Semua sudah dikoordinasikan kepada pemerintah pusat. Bagi yang berminat dan memenuhi syarat, dipersilakan mengikuti seleksi sesuai aturan yang ditetapkan," kata Alang.

Alang mengakui saat ini ada beberapa jabatan yang belum ada pejabat definitifnya, namun belum dilelang. Hal itu dikarenakan ada berbagai pertimbangan pimpinan sehingga kemungkinan baru akan dilelang pada lelang jabatan berikutnya.