Pejabat Barsel wajib pahami tupoksinya, kata Bupati Eddy Raya

id Barsel,Bupati Barsel eddy Raya Samusri,Pejabat Barsel wajib pahami tupoksinya

Pejabat Barsel wajib pahami tupoksinya, kata Bupati Eddy Raya

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mewajibkan para pejabat eselon yang baru dilantik untuk segera berusaha memahami fungsi dan tugas pokoknya dan segera berbuat.

"Para pejabat wajib paham terhadap fungsi dan tugas pokoknya, lalu mau berbuat dan melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Mau berbuat untuk kebaikan, ini yang paling penting," ucap Bupati Eddy Raya di Buntok, Kamis.

Menurut dia, berbagai masukan dari pejabat sebelumnya ataupun sesama kolega ditempat kerja bisa menjadi modal untuk menguasai tugas pokok, dan fungsi jabatan.

Baca juga: Bupati Eddy minta pejabat eselon mampu jabarkan RPJMD Barsel

Membangun hubungan merupakan hal bisa dijadikan modal dasar, dan utama bagi seorang pejabat untuk melaksanakan jabatannya yang telah diamanahkan dengan optimal.

Para pimpinan SOPD dan pejabat eselon harus bisa menerapkan prinsip-prinsip manajemen dalam melaksanakan tugas, dan fungsi yang telah diamanahkan.

Sedangkan yang ketiga yakni betul-betul membaca, dan mempelajari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Barito Selatan 2017-2022 yang telah ditetapkan.

"RPJMD tersebut merupakan garis besar pembangunan yang harus menjadi acuan pelaksanaan oleh masing-masing perangkat daerah selama lima tahun mendatang," ucap dia.

Baca juga: Peran sekda sangat strategis, kata Bupati Barsel

Ia menyampaikan, RPJMD tersebut harus mampu dijabarkan oleh kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) menjadi program, dan kegiatan yang riil sesuai dengan tugas perangkat daerah tersebut.

"Program, dan kegiatan tersebut bukan hanya menjadi tanggungjawab kepala perangkat daerah, akan tetapi juga tanggungjawab semua sumber daya aparatur yang ada didalam perangkat daerah," tambah dia.

Dengan demikian kata dia, akan menjadi suatu sistem yang dinamis, dan komprehensif yang bekerja bersama-sama sesuai dengan tugas pokok, dan fungsinya masing-masing.

"Kesemuanya itu pada akhirnya akan mampu menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan pencapaian program, dan kegiatan pembangunan secara menyeluruh di kabupaten ini sehingga "Barsel Mantap" yang dicanangkan sebagai jargon RPJMD kabupaten bisa terwujud dengan baik," demikian kata Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri.

Baca juga: Bupati ini tak ingin ada keluhan dari masyarakat terkait pelayanan