Pemilih untuk Pilkada Gumas dalam DPT menurun dari DPS, mengapa?

id KPU gumas, pilkada gumas, DPT gumas

Pemilih untuk Pilkada Gumas dalam DPT menurun dari DPS, mengapa?

Ketua KPU Stevenson didampingi komisioner, dan seluruh PPK se-Kabupaten Gumas menyampaikan DPT Pilkada Gumas yang disaksikan oleh tim sukses tiga paslon, di Kantor KPU setempat, Kamis (19/4) siang. (Foto Antara Kalteng/Jemmy Kamis)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) hasil perbaikan tingkat Kabupaten Gumas, yang kemudian dilanjutkan penetapan Daftar Pemilihan Tetap (DPT) dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gumas tahun 2018 yang tercatat 76.349 pemilih.

Ketua KPU Gumas, Stevenson mengatakan, jumlah 76.349 pemilih ini mengalami penurunan dibandingkan dengan hasil pleno penetapan DPS yang mencapai 77.118 jiwa. Sehingga terjadi pengurangan 769 jiwa.

"Penurunan jumlah pemilih dalam DPT, disebabkan oleh beberapa hal, seperti adanya pemilih ganda, pemilih yang meninggal dunia, serta nama pemilih tidak dikenal masyarakat dan tidak berdomisili di desa tersebut," katanya.

Dari penyisiran yang dilakukan, lanjut dia, penurunan jumlah pemilih tersebut paling banyak disebabkan oleh adanya pemilih ganda, dimana nama dan nomor induk kependudukan (NIK) yang sama.

Meskipun demikian, bagi masyarakat yang tidak terdaftar dalam DPT, tutur dia, KPU Gumas akan tetap mengakomodasi penggunaan hak pilihnya. Masyarakat tidak perlu khawatir, walaupun tidak terdaftar didalam DPT, mereka tetap boleh menggunakan hak pilihnya, selama sudah terdaftar dan memiliki surat keterangan (suket).

"Penetapan DPT ini kan hanya karena ketentuan. Tetapi bukan berarti kita tidak mengakomodasi hak masyarakat yang tidak terdaftar di DPT. Mereka tetap kita akomodasi masuk dalam daftar pemilih tambahan," jelasnya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mengetahui namanya terdaftar di DPT, mereka bisa mengeceknya secara online di laman info KPU. 

"Di laman tersebut, masyarakat tinggal mengikuti petunjuknya saja. Semua sudah tersedia," demikian Stevenson.