DPT Pilkada Lamandau bertambah 300 orang

id KPU lamandau, daang padoma, pilkada lamandau, DPT lamandau

DPT Pilkada Lamandau bertambah 300 orang

Ketua KPU Kabupaten Lamandau, Daang Padoma (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamandau menetapkan jumlah daftar pemilih tetap untuk pemilihan Bupati/Wakil Bupati tahun 2018 sebanyak 59.945 orang, bertambah 300 orang dibandingkan Pemilihan Gubernur/Wakil tahun 2016 berkisar 59.645 orang.

Adapun jumlah tempat pemungutan suara (TP) yang nantinya dibuat dalam pelaksanaan Pilkada 2018 ini sebanyak 156 titik tersebar di 88 desa, kata Ketua KPU Lamandau Daang Padoma di Nanga Bulik, Jumat.

"Kita juga sudah mensosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat agar membawa KTP elektronik atau Suket dan Formulir C6 saat datang ke TPS untuk ditunjukkan kepada petugas KPPS," tambahnya.

Dari 59.945 DPT Kabupaten Lamandau yang terdiri dari 28.277 berjenis kelamin perempuan dan 31.668 laki-laki tersebar di delapan Kecamatan. Adapun pemilih terbanyak di Kabupaten Lamandau berada di Kecamatan Bulik yang mencapai 21.997 orang.

Kemudian Kecamatan Sematu Jaya 8.107 orang, Kecamatan Menthobi Raya 7.761 orang, Kecamatan Lamandau 5.694 orang, Kecamatan Bulik Timur 5.230 orang, Kecamatan Belantikan Raya 4.848 orang, Batang Kawa 2.113 orang, dan Kecamatan Delang 4195 orang.

"Walau ada penambahan pemilih sekitar 300 orang, tapi jika dibandingkan dengan daftar pemilih sementara (DPS), ada terjadi penurunan. Ini dikarenakan setelah kita lakukan penyesuaian dengan DP4 yang kami terima dari Dinas Dukcapil," kata Daang.

Pilkada di Kabupaten Lamandau diikuti empat pasang calon, yakni Taji Pranito-Gandhi Nuswantara nomor urut satu, Sata Umani-Karyadi nomor urut dua, FX Perwiragato-Taufik Hidayat nomor urut tiga, dan Hendra Lesmana dan Riko Porwanto nomor urut empat.

Paslon Taji Pranito-Gandhi Nuswantara maju dari jalur perseorangan, Sata Umani-Karyadi diusung Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), FX Perwiragato-Taufik Hidayat diusung PDIP, Partai Demokrat, PKPI, Partai Gerindra serta Partai Hanura, dan Hendra Lesmana-Riko Porwanto diusung Partai Golkar, Partai NasDem dan PPP.

"Kita mengajak seluruh pemilih yang terdaftar dalam DPT agar menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni 2018. Pilihlah sesuai hati nurani," kata Daang.