Kalteng berharap kucuran dana infrastruktur Rp4 triliun

id plt DPUPR kalteng, dana infrastruktur,salahudin

Kalteng berharap kucuran dana infrastruktur Rp4 triliun

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng, Shalahudin. (Foto Antara Kalteng/Jaya Wirawana Manurung)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berharap Pemerintah Pusat pada tahun 2019 dapat mengalokasikan dan mengucurkan anggaran sebesar Rp4 triliun untuk memperbaiki infrastruktur jalan maupun jembatan di wilayah ini.

"Panjang jalan nasional yang harus ditangani 2.002Km dan jalan provinsi 1.272Km, sehingga dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit untuk memperbaikinya," kata Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng, Shalahudin di Palangka Raya, Jumat.

Anggaran sebesar Rp4 triliun yang menjadi harapan Kalteng ini peruntukannya Rp2 triliun memperbaiki jalan nasional, dan Rp2 triliun untuk jalan provinsi.

"Semoga saja apa yang menjadi harapan kita ini bisa direalisasikan Pusat pada tahun 2019," ucapnya.

Keberadaan infrastruktur jalan maupun jembatan di Provinsi Kalteng sangat penting bagi peningkatan perekonomian masyarakat. Sebab, infrastruktur mendukung pendistribusian bahan pokok yang menjadi kebutuhan masyarakat, menjual hasil pertanian, perkebunan maupun perdagangan.

Shalahudin menegaskan PUPR Kalteng pada dasarnya terus berupaya memperbaiki dan meningkatkan infrastuktur di provinsi nomor dua terluas di Indonesia ini. Hanya, kendala yang dihadapi sampai sekarang ini anggaran untuk perbaikan infrastruktur tidak sebanding dengan luas wilayah.

"Kita menyadari untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan roda perekonomian, keberadaan infrastruktur sangat vital. Tapi kondisinya, anggaran masih sangat minim untuk memperbaikinya. Itu kenapa kita berharap Pemerintah Pusat memberikan perhatian," ucapnya.

Dia pun membantah anggapan banyak pihak bahwa Gubernur Kalteng Sugianto Sabran terkesan pilih kasih dalam hal perbaikan infrastruktur. Menurut Kepala PUPR Kalteng ini, perbaikan jalan yang menjadi tanggungjawab Provinsi terpanjang berada di wilayah barat dan tengah dibanding wilayah Timur.

Panjang jalan provinsi di wilayah timur yang teridiri dari Kabupaten Barito Selatan-Barito Timur-Barito Utara dan Murung Raya hanya sekitar 125 km.

Sedangkan jalan provinsi dari Kabupaten Lamandau-Sukamara-Kotawaringin Barat-Seruyan-Kotawaringin Timur-Katingan-Gunung Mas-Palangka Raya-Pulang Pisau hingga Kapuas panjangnya mencapai 1.147 km.

"Sebenarnya bukan pilih kasih. Gubernur sebenarnya ingin pembangunan itu secara bertahap dan fokus. Gubernur kan juga menganggarkan perbaikan jalan di wilayah timur Kalteng. Kendala sekarang ini memang anggaran minim, sehingga perlu dibagi tapi tetap fokus," demikian Salahudin.