Membangun pariwisata Bartim perlu dukungan OPD lintas sektoral

id pariwisata bartim,disbudparpora bartim,ruspandi dena

Membangun pariwisata Bartim perlu dukungan OPD lintas sektoral

Kepala Disbudparpora Bartim, Ruspandi Dena. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Membangun sektor kepariwisataan perlu adanya dukungan dari organisasi perangkat daerah (OPD) lintas sektoral di lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, kata Kepala Dinas Budaya Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bartim, Ruspandi Dena di Tamiang Layang.

"Contohnya, infrastruktur jalan, maka dinas PUPR yang melaksanakannya. Penerangan bisa dilakukan Disperkim," ucapnya, Jumat.

Ruspandi menambahkan, usulan agar terciptanya program pembangunan di sektor pariwisata secara lintas sektoral akan dilaporkan kepada Plt Bupati Bartim H Suriansyah dan Sekda Eskop secepatnya. 

Harapannya agar bisa ditindaklanjuti dengan adanya rapat internal yang secara khusus membuat program pembangunan di lokasi wisata yang dianggap potensial untuk dikembangkan dan bisa menjadi andalan, mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjadi pendapatan bagi daerah.

Ada beberapa hal yang perlu dirancang dalam sektor pariwisata itu seperti akses jalan, listrik, sarana pendukung lainnya seperti parkir, tempat istirahat, kamar ganti pakaian, toilet, hingga tempat makan minum.

"OPD yang berkaitan dengan itu seperti Dinas PUPR, Disperkim, Dishub, Dinas Kesehatan, Dispenda, Kecamatan dan Desa. Sehingga ada program yang bersentuhan langsung dengan obyek wisata yang tuju," kata ASN yang akan pensiun pada Juli nanti.

Setelah terpenuhinya fasilitas pendukung, maka dilanjutkan program promosi obyek wisatanya, mulai cara mengakses ketujuan dan keindahannya. 

"Program pembangunan sektor kepariwisataan yang diusulkan masyarakat tahun inisudah dimasukkan dalam Musrenbang 2019," demikian Ruspandi.