Investor kediri tertarik dengan pemanfaatan buah nanas Sampit

id Kadin Kotim,Investor Kediri,buah nanas sampit,Kadin Kotim Susilo

Investor kediri tertarik dengan pemanfaatan buah nanas Sampit

Ketua Kadin Kotawaringin Timur, Susilo. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Kita ingin buah nanas Kotawaringin Timur nantinya di bawa atau dikirim keluar daerah tidak hanya dalam bentuk bahan mentah...
Sampit (Antaranews Kalteng) - Investor asal Kabupaten Kediri, Jawa Timur melakukan penjajakan dan pemanfaatakan buah nanas Sampit, Kabupaten Kotawaringim Timur, Kalimantan Tengah sebagai produk unggulan pangan.

Ketua Kamar Dagang dan Indistri (Kadin) Kabupaten Kotawaringin Timur, Susilo di Sampit, Senin mengatakan untuk sementara ini masih dalam tahap penjajakan dan mudah-mudahan mereka bisa serius nantinya.

"Investor asal kediri itu mengutarakan ketertarikannya terhadap buah nanas Sampit karena selain ukurannya yang besar juga rasanya lumayan manis sehingga sangat cocok untuk bahan dasar olahan makanan," tambahnya.

Menurut Susilo, investor itu juga melakukan penjajakan ketersediaan bahan baku nanas jika nantinya diputuskan didirikan pabrik pengolahan makanan berbahan dasar nanas.

"Kami sekarang sedang meyakinkan kepada investor tersebut jika buah nanas di Sampit, Kotawaringin Timur mencukupi dan kami juga telah meminta Bupati Kotawaringin Timur untuk menyiapkan lahan perluasan kebun nanas," terangnya.

Susilo berharap investor tersebut nantinya bisa mendirikan pabrik atau mesin pengolahan buah nanas di wilayah Kotawaringin Timur.

"Kita ingin buah nanas Kotawaringin Timur nantinya di bawa atau dikirim keluar daerah tidak hanya dalam bentuk bahan mentah, namum sudah dalam bentuk bahan jadi atau berbentuk olahan makanan, sehingga ada nilai tambahnya bagi daerah," tegasnya.

Lebih lanjut Susilo mengatakan, dengan terbangunnya indistri hilir diharapkan memberikan nilai bagi daerah maupum masyarakat setempat.

Pendirian pabrik pengolahan nanas juga diharapkan mampu meningkatkan tarap hidup petani nanas di Kotawaringin Timur.

"Harapan kita kedepannya tidak hanya pabrik pengolahan buah nanas, namun juga ada pabrik-pabrik pengolahan bahan lain bisa berdiri di Kotawaringin Timur ini," ucapnya.

Susilo juga mengaku tidak hanya menawarkan produk olahan buah nanas saja kepada investor, namun juga ada hasil bumi lainnya, seperti padi, kelapa dalam, karet dan rotan.