Menpan-RB akan pantau kesiapan Polda Kalteng naik tipe

id menpan-RB, polda kalteng,naik tipe polda

Menpan-RB akan pantau kesiapan Polda Kalteng naik tipe

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur berencana mengunjungi Kepolisian Daerah Provinsi Kalimantan Tengah guna memantau kesiapan Polda setempat dalam rangka peningkatan tipe, dari Polda tipe B ke tipe A.

"Rencananya Rabu (25/4) pagi rombongan Menpan-RB dan Asisten Perencanaan Kepala Kepolisian Indonesia Inspektur Jendral Polisi Bambang Sunarwibowo tiba di Palangka Raya," kata Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Pambudi Rahayu, di Palangka Raya, Selasa.

Pambudi mengatakan, kedatangan Menpan-RB tersebut untuk memastikan kesiapan Polda Kalteng untuk berubah dari tipe B menjadi tipe A.

Pengecekan tersebut meliputi kesiapan operasional perlengkapan atau peralatan, pelayanan publik dan kemampuan anggota dalam menjalankan tugas di lapangan.

Karena, menurut Pambudi, tiga kategori tersebut menjadi salah satu indikator utama dalam proses perubahan atau kenaikan tipe Polda.

"Kedatangan Menteri Asman Abnur dan Irjenpol Bambang Sunarwibowo itu juga menambah data-data. Data yang sebelumnya telah dikumpulkan dan diajukan 2017 akan dilengkapi dengan kunjungan ini. Semoga saja usulan pihak kami ditanggapi dan naik menjadi Polda tipe A," kata Pambudi.

Perubahan tipe Polda Kalteng tersebut dinilai layak karena sejumlah kasus yang ditangani telah mencakup skala nasional. Salah satu diantara kasus tersebut ialah pembakaran tujuh sekolah di Kota Palangka Raya periode 2017 yang dilakukan oknum anggota DPRD Provinsi Kalteng.

Selanjutnya, perwira berpangkat melati dua itu mengungkapkan, rombongan Menpan-RB dijadwalkan tiba pagi hari di Bandar Udara Tjilik Riwut sekitar pukul 08.30 WIB.

Rombongan kemudian langsung menuju Mapolda Kalteng yang berada di Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya. Usai melaksanakan rangkaian acara yang telah dijadwalkan Menpan-RB beserta rombongan direncanakan kembali ke Jakarta sekitar pukul 15.30 WIB.

Saat ini pihak Polda Kalteng terus melakukan persiapan guna menyambut kedatangan Menpan-RB beserta rombongan.

Berdasarkan pantauan, sejumlah personel kepolisian pengaman lalu lintas mulai diterjunkan. Sejak pagi hingga petang para aparat terlihat melakukan penjagaan di setiap persimpangan dan arah putar balik sepanjang jalur Bandara menuju Mapolda Kalteng.