Sekda ditunjuk jadi Pelaksana Harian Bupati Kapuas

id sekda kapuas,rianova,plh bupati kapuas

Sekda ditunjuk jadi Pelaksana Harian Bupati Kapuas

Plt Sekda Kalteng Fahrizal Fitri (kiri) menyerahkan SK Plh Bupati Kapuas kepada Sekda Kapuas Rianova, di Palangka Raya, Rabu (25/4/18). (Istimewa)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kementerian Dalam Negeri mengirim radiogram kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terkait penunjukan Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Rianova menjadi pelaksana harian Bupati Kapuas, pasca berakhirnya masa jabatan Ben Ibrahim dan Muhajirin per tanggal 25 April 2018.

Penunjukan Plh tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kekosongan jabatan Bupati karena sampai sekarang ini Kemendagri masih memproses nama-nama yang telah diusulkan untuk menjadi penjabat Bupati, kata Plt Sekda Kalteng Fahrizal Fitri saat melantik Rianova di komplek perkantoran Gubernur Kalteng, Kamis.

"Ada tiga pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Kalteng yang diusulkan untuk menjadi Penjabat Bupati Kapuas. Tapi karena masih berproses di Kemendagri dan surat keputusan (SK) belum turun, kami belum bisa menyampaikan ke Publik," tambahnya.

Dia menegaskan bahwa Plh Bupati hanya melaksanakan tugas sehari-hari tanpa mengambil keputusan penting dan krusial. Sebab, berbagai kebijakan yang krusial harus terlebih dahulu dikomunikasikan kepada Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Selain itu, apa yang menjadi hak Bupati, baik itu gaji maupun tunjangan, tidak didapat oleh Plh. Sedangkan untuk berbagai fasilitas penunjang Bupati tetap dapat dipergunakan oleh Plh.

"Setelah SK Penjabat Bupati Kapuas turun dari Kemendagri pun juga akan kembali dilakukan pelantikan. Prinsipnya, Plh ini melaksanakan tugas sehari-hari Bupati Kapuas sampai ada Penjabat Bupati," kata Fahrizal.

Plt Sekda Kalteng ini pun berpesan agar Plh Bupati Kapuas berkoordinasi dengan berbagai elemen, khususnya penyelenggara pemilu dan aparat kepolisian berkenaan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan tahun ini.

"Kabupaten Kapuas termasuk daerah yang rawan dalam pelaksanaan Pilkada. Ini perlu menjadi perhatian Plh Bupati Kapuas. Perlu ada upaya pencegahan agar tidak ada gesekan-gesekan yang terjadi di masyarakat," demikian Fahrizal.