Tingkatkan hubungan bisnis, Pemkab Kotim siapkan kunjungan balasan ke Kediri

id Tingkatkan hubungan bisnis Pemkab Kotim siapkan kunjungan balasan ke Kediri,Kadin kotim,Kadin kediri,Susilo,Solikhin

Tingkatkan hubungan bisnis, Pemkab Kotim siapkan kunjungan balasan ke Kediri

Ketua Kadin Kotim Susilo menandatangani nota kesepakatan disaksikan Wakil Bupati Kotim HM Taufiq Mukri dan Pjs Wali Kota Kediri Jumadi saat event B2B Two Regions, Kamis (26/4/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Sukses menggelar expo bersama di Sampit, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah berencana melakukan kunjungan balasan ke Kota Kediri, Jawa Timur untuk meningkatkan kerja sama bisnis.

Bupati Kotim meminta mengatur rombongan berkunjung ke Kediri setelah lebaran, sebagai keseriusan kedua daerah untuk meningkatkan kerja sama bisnis, baik antarpemerintah daerah maupun pelaku usaha, kata Ketua Kamar Dagang dan Industri Kotim, Susilo di Sampit, Jumat.

Terjalinnya kesepakatan antardua daerah itu membawa manfaat besar bagi kedua daerah. Kerjasama terjalin untuk penjajakan peluang investasi, perdagangan, peningkatan sumber daya manusia, alih teknologi dan lainnya.

Acara yang digagas Kamar Dagang dan Industri Kotawaringin Timur dan Kediri ini merupakan pertama kali dilaksanakan di Kalimantan Tengah. Tidak heran jika kegiatan ini disambut antusias pelaku usaha dan masyarakat.

"Kami berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin dan kerja sama yang terjalin terus berlanjut. Banyak manfaat yang didapat dari kegiatan ini," kata Susilo.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dan Pemerintah Kota Kediri menggelar expo bersama dan pertemuan bisnis di Sampit pada Kamis (26/4). Acara yang pertama kalinya di Kalimantan Tengah itu digagas Kamar Dagang dan Industri Kotawaringin Timur dan Kediri.

Kegiatan yang digelar di Citimall Sampit itu diberi nama `B2B Expo Two Regions` yang melibatkan pemerintah daerah dan pelaku bisnis Kotawaringin Timur dan Kediri.

Kegiatan yang dilaksanakan yaitu bazar expo, seminar kewirausahaan, bussines marketing, bussines contact, bussines network, job fair, pagelaran seni dan budaya Kotawaringin Timur, serta peragaan busana batik Sampit dan Kediri.

Acara dibuka pada Kamis pagi oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur HM Taufiq Mukri, disaksikan Pejabat Sementara Wali Kota Kediri Jumadi, Ketua Kadin Kediri Muhammad Solikhin dan Ketua Kadin Provinsi Kalimantan Tengah, Tugiyo Wiroatmodjo.

Acara ditutup pada Kamis malam oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Kediri, Kristianto. Dia mengaku bangga karena kegiatan ini sangat meriah dan disambut antusias masyarakat. Bahkan produk UMKM yang mereka bawa, habis dibeli oleh masyarakat Sampit.

"Sejak 2016 kami melaksanakan B2B ke berbagai daerah seperti Makasar, Gorontalo, Bali dan lainnya. Yang paling membanggakan ketika kami di Kotawaringin Timur ini. Kami belum pernah mendapat sambutan semeriah ini. Kami juga bisa memperkenalkan kebudayaan dua daerah," kata Kristianto.

Kristianto mengundang pemerintah daerah dan pelaku usaha Kotawaringin Timur untuk datang Kediri. Menurutnya, banyak peluang bisnis yang bisa dikerjasamakan, apalagi jika langsung datang melihat ke Kediri sehingga bisa berkomunikasi lebih intensif.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri Kediri Muhammad Solikhin menyampaikan terima kasihnya atas sambutan luar biasa pemerintah daerah, pengusaha dan masyarakat Kotawaringin Timur. Dia berharap kerja sama dilanjutkan dan dikembangkan, seperti untuk alih teknologi, informasi dan bidang lainnya.

"Kotawaringin Timur memiliki banyak potensi sumber daya alam, tapi yang terpenting adalah bagaimana mengelolanya agar bisa memberikan manfaat untuk masyarakat. Industri bisa dimulai dari UMKM. Kami siap bekerjasama dan saling mengisi," kata Solikhin.

B2B merupakan terobosan membuka kerjasama bisnis dengan cara mempertemukan langsung pengusaha dengan pengusaha. Cara ini dinilai efektif karena masing-masing pihak bisa mempelajari peluang yang bisa dikerjasamakan untuk saling menguntungkan.