BI Kalteng sediakan Rp1,2 miliar untuk beasiswa mahasiswa UPR dan IAIN

id Wuryanto Kepala BI Kalteng,Beasiswa BI Kalteng,100 mahasiswa dapat beasiswa dari BI Kalteng,BI Kalteng,Kalimantan Tengah

BI Kalteng sediakan Rp1,2 miliar untuk beasiswa mahasiswa UPR dan IAIN

(dari kanan) Kepala BI Kalteng Wuryanto secara simbolis menyerahkan beasiswa kepada Rektor IAIN DR Ibnu Elmi AS Pelu, dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UPR Prof Dr Bambang Supriyono Lautt, di gedung BI Kalteng, Kamis (26/4/18). (Foto: Humas BI Kalteng)

Jumlah penerima beasiswa BI Kalteng pada tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya, yang semula 80 menjadi 100 mahasiswa. Dari sisi nominal juga mengalami peningkatan dari Rp750 ribu per bulan menjadi Rp1 juta untuk masing-masing pen
Palangka Raya (Antara) - Bank Indonesia perwakilan Kalimantan Tengah pada tahun 2018 menyediakan anggaran Rp1,2 miliar untuk dana beasiswa yang akan diberikan kepada 100 mahasiswa di perguruan tinggi negeri setempat.

Pemberian beasiswa kepada 50 mahasiswa UPR dan 50 mahasiswa IAIN ini bertujuan meningkatkan angka partisipasi pendidikan dan indeks pembangunan manusia serta daya saing bangsa, kata Kepala BI Perwakilan Kalteng, Wuryanto di Palangka Raya, Jumat.

Tujuan lain yaitu meningkatkan prestasi mahasiswa di bidang akademik dan ekstrakurikuler, sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang kreatif, mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial tinggi serta mampu berperan dalam pemberdayaan masyarakat.

Jumlah penerima beasiswa BI Kalteng pada tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya, yang semula 80 menjadi 100 mahasiswa. Dari sisi nominal juga mengalami peningkatan dari Rp750 ribu per bulan menjadi Rp1 juta untuk masing-masing penerima beasiswa.

Adapun penerima beasiswa untuk 50 mahasiswa UPR berasal dari program studi Akuntansi, Manajemen, Ilmu Administrasi Negara, Pendidikan Matematika, Ilmu Hukum, Peternakan, Budidaya Pertanian, Agribisnis, Agroteknologi, Ilmu Pemerintahan, Sosiologi dan Teknik Informatika.

Sedangkan untuk 50 mahasiswa IAIN terdiri dari program studi Ekonomi Syariah, Hukum Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah.

"100 mahasiswa yang akan mendapat beasiswa ini telah dilakukan seleksi secara administrasi oleh pihak kampus, dan seleksi wawancara oleh BI Kalteng," beber Wuryanto.

Mahasiswa penerima beasiswa tersebut akan dikukuhkan menjadi anggota Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI). GenBI merupakan wadah komunitas organik yang aktif dan dinamis terdiri dari mahasiswa dengan beragam latar disiplin ilmu dan keterampilan, sehingga diyakini akan menjadi energi yang mampu memberi kontribusi bagi pembangunan negeri.

GenBI ini juga bertujuan sebagai wahana pengembangan kompetensi keilmuan, minat bakat, kepedulian, tanggung jawab dan gerakan solidaritas sosial untuk melaksanakan berbagai aktivitas sosial kemasyarakatan.

"Juga sebagai forum komunikasi untuk menjalin interaksi, berbagi inspirasi dan motivasi yang positif. Dan, wadah pembinaan kemampuan kapasitas diri dalam menghadapi dinamika kehidupan masyarakat dan menyongsong pergerakan arus globalisasi," demikian Wuryanto.