Air Sungai Kahayan dan Rungan meluap, warga diminta waspada

id banjir palangka raya,sungai kahayan meluap,sungai rungan, Air Sungai Kahayan meluap, warga diminta waspada,DPRD Palangka Raya,sugianor

Air Sungai Kahayan dan Rungan meluap, warga diminta waspada

Wakil Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Sugianor. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sugianor meminta kepada masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Kahayan, Sungai Rungan serta di beberapa tempat lainnya wajib waspada dengan meluapnya air sungai tersebut.

"Kita mengingatkan agar warga yang tinggal di bantaran Sungai Kahayan maupun Sungai Rungan bisa lebih waspada lagi. Sebab, sering terjadi warga tercebur hingga meninggal dunia akibat terbawa arus sungai yang hingga saat ini masih sabgat deras," kata Sugianor di Palangka Raya, Sabtu.

Meluapnya air dari dua sungai tersebut, karena beberapa hari ini baik di Kota Palangka Raya maupun kabupaten yang satu aliran dengan sungai tersebut selalu di guyur hujan deras
 
Lurah Bukit Tunggal Heri Fauzi (kaos putih) melakukan pengecekan terhadap pemukiman warganya di Jalan Danau Mare dan Jalan Danau Parupuk kebanjiran akibat luapan Air Sungai Kahayan dan Sungai Rungan, Sabtu (28/4/18) Ist

Akibatnya dua sungai tersebut selalu mendapat kiriman air dari hulu dan tidak dapat membendung air kiriman tersebut. Alhasil air meluap hingga kepemukiman warga baik di dekat bantaran sungai maupun yang berada di darat mampu mencapai 100-200 meter. 

"Selain waspada bahaya tenggelam, warga juga diminta waspada penyakit kulit yang rentan terjadi akibat kotoran dari sampah rumah naik kepermukaan air yang meluap di pemukiman warga," katanya.

Politisi PKB itu juga meminta instansti terkait seperti BPBD, Dinkes dan Dinsos setempat segera bergerak memantau dan memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan warga yang rumahnya terendam akibat luapan air sungai.

"Bila kejadian tersebut sudah masuk kategori bencana, maka instansi terkait segera memberikan bantuan baik itu makanan maupun obat-obatan untuk mencegah adanya penyakit yang mereka derita," pungkas Ketua Garda Bangsa Kalteng sayap dari Partai Kebangkitan Bangsa tersebut.