Ini jumlah kekuatan Kotim bersaing di Festival Budaya Isen Mulang

id Ini jumlah kekuatan Kotim bersaing di Festival Budaya Isen Mulang,Festival budaya isen mulang,FBIM,Disbudpar kalteng,Disbudpar kotim,Dinas kebudayaan,

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur, Fajrurrahman. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mengirim 152 peserta ke Festival Budaya Isen Mulang Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Kuala Kapuas Ibu kota Kabupaten Kapuas pada 1-6 Mei 2018 untuk memperebutkan gelar juara.

"Peserta didampingi 22 koordinator dan sembilan pendamping. Dua tahun berturut-turut Kotawaringin Timur menjadi juara umum ke dua. Mudah-mudahan tahun ini prestasi itu bisa ditingkatkan," ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur, Fajrurrahman di Sampit, Selasa.

Seremonial pemberangkatan kontingen dilaksanakan Senin (30/4) dipimpin Sekretaris Daerah Halikinnor. Namun kontingen bertolak menuju Kapuas pada Selasa pagi dengan menempuh perjalanan darat sekitar tujuh jam.

Fajrurrahman mengatakan, Kotawaringin Timur akan mengikuti semua cabang yang diperlombakan. Dia berharap kontingen Kotawaringin Timur mampu menampilkan yang terbaik sehingga membuahkan prestasi tertinggi.

Mereka yang diberangkatkan merupakan juara pada cabang lomba masing-masing saat Festival Budaya Habaring Hurung awal April lalu. Event tersebut termasuk dalam kalender pariwisata Kotawaringin Timur, sekaligus menjadi sarana penjaringan peserta yang akan mewakili kabupaten ini pada Festival Budaya Isen Mulang.

Fajrurrahman optimistis kontingen Kotawaringin Timur mampu bersaing dengan 13 daerah lain di Kalimantan Tengah. Dia yakin peserta akan mempersembahkan kemampuan terbaik mereka saat berlomba.

"Di sisi lain, keikutsertaan dalam event ini merupakan wujud komitmen dan fokus melestarikan budaya serta ikut menyukseskan Festival Budaya Isen Mulang. Berlomba sungguh-sungguh membawa nama Kotawaringin Timur dengan menjunjung sportivitas, kebersamaan dan persaudaraan," ucap Fajrurrahman.

Festival Budaya Isen Mulang 2018 dilaksanakan untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-61 Provinsi Kalimantan Tengah. Ada 20 cabang yang diperlombakan dan 2 cabang lomba eksebisi.

Cabang lomba tersebut adalah pawai budaya, pemilihan putra dan putri pariwisata, tarian daerah, karungut,?mangenta,?malamang,?panginan tradisional,?mangaruhi,?maneweng kayu,?sepak sawut,?jukung parahu hias,?besei kambe,?jukung tradisional,?balugu, habayang,?menyipet,?lagu daerah,?lawang sakepeng,?seni ukir patung dan ukir ornamen talawang.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah menginformasikan, jumlah peserta Festival Budaya Isen Mulang tahun ini sebanyak 1.639 orang yang berasal dari 13 kabupaten dan satu kota.

Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar