Dishub diminta uji kir angkutan umum di Palangka Raya

id dprd palangka raya,uji kir kendaraan umum,sugianor

Dishub diminta uji kir angkutan umum di Palangka Raya

Ketua BK Sugianor (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor meminta Dinas Perhubungan setempat segera melakukan uji kir guna memastikan angkutan umum memenuhi standar keamanan.

"Selain uji kir, juga perlu pengawasan sopir dan bila perlu lakukan tes urine guna memastikan tidak mengkonsumsi narkoba atau obat terlarang saat mengemudikan kendaraan angkutan umum," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Uji kir dan tes urine secara berkala ini menurut politisi PKB ini untuk memberikan jaminan keselamatan terhadap para penumpang angkutan umum.

"Melalui uji berkala akan diketahui kondisi dan kelayakan kendaraan. Tes urine juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya sakit atau penyakit yang diderita supir. Kondisi yang baik dari kendaraan dan pengemudi harus diutamakan saat melakukan perjalanan," katanya.

Apalagi, lanjut dia, tak lama lagi Ramadhan dan Idul Fitri tiba sehingga dipastikan semakin banyak masyarakat yang menggunakan angkutan umum untuk mudik.

"Sehingga menjadi kewajiban pemerintah memastikan seluruh angkutan massal termasuk para pengemudinya dalam kondisi baik. Keselamatan penumpang tergantung kondisi kendaraan dan sopirnya," kata Sugianor.

Dia pun meminta Dinas Perhubungan segera berkoordinasi dengan pihak terkait seperti BNN dan Dinas Kesehatan, pihak kepolisian serta organda dalam rangka memastikan angkutan umum yang beroperasi di kota setempat memenuhi standar keselamatan untuk melakukan perjalanan.

Masyarakat pun diminta untuk tidak segan bertanya kepada pengelola angkutan umum terkait kondisi dan kelayanan kendaraan yang akan dinaiki.

"Kami juga mengimbau masyarakat tak menggunakan angkutan ilegal namun untuk selalu gunakan angkutan resmi saat akan bepergian. Angkutan resmi lebih mendapat jaminan dari angkutan ilegal," katanya.