Sekdes penentu maju mundurnya pemerintahan desa

id sekda barsel,pemdes

Sekdes penentu maju mundurnya pemerintahan desa

Sekda Barsel, Ir. H. Edi Kristianto, MT. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Edi Kristianto mengatakan Sekretaris Desa sangat berperan penting demi terselenggaranya roda pemerintahan desa.

"Karena maju dan mundurnya pemerintahan desa dipengaruhi oleh sistem tata kelola administrasi yang dijalankan oleh Sekretaris Desa," katanya di Buntok, Kamis.

Ia mengatakan, dengan tersedianya perangkat desa yang mempunyai keterampilan, dan pengetahuan sehingga organisasi desa dapat terselenggara dengan baik, dan lancar.

"Karena, dalam pengelolaan pemerintahan desa tidak lepas dari peranan Sekretaris Desa," katanya, di Buntok, Jumat.

Oleh sebab itu, peran Sekdes sangat penting, dan Sekdes dituntut harus mampu mengatur, dan mengurus kepentingan masyarakat desa, dan jalannya pemerintahan di Desanya masing-masing.

Terkait hal itu lanjut dia, pihaknya telah beberapa kali melaksanakan pelatihan, dan peningkatan pengetahuan, keahlian dalam melaksanakan tugas.

Untuk itu ia meminta kepada Sekdes agar harus menjalin hubungan kerja yang baik, serasi, dan harmonis antar aparat desa.

"Termasuk menjalin hubungan kerja yang baik dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta dapat bekerja dengan tekad, dan niat yang ikhlas," tambah Sekda Barito Selatan, Edi Kristianto.

Sebab lanjut dia, para Sekdes merupakan tangan kanan pemerintahan desa untuk memberikan masukan, dan saran bagi kemajuan desanya masing-masing.