Pusat diminta prioritaskan pembangunan pelabuhan Segintung

id pelabuhan segintung,pjs bupati seruyan

Pusat diminta prioritaskan pembangunan pelabuhan Segintung

Pengaspalan jalan menuju Pelabuhan Samudera Teluk Segintung sudah mulai dikerjakan dan ditargetkan rampung September 2018. (Foto Antara Kalteng/Fahrian A)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Pemerintah pusat diminta memprioritaskan kelanjutan pembangunan Pelabuhan Samudera Teluk Segintung di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah yang rencananya akan dioperasionalkan akhir tahun 2018.

"Kita berharap kelanjutan pembangunan Pelabuhan Segintung masuk dalam prioritas pemerintah pusat," kata Penjabat Sementara Bupati Seruyan, Leonard S Ampung di Kuala Pembuang, Sabtu.

Leonard yang juga Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kalteng ini mengatakan, masih banyak bagian-bagian dari Pelabuhan Segintung yang harus dibenahi atau dibangun agar dapat beroperasi secara maksimal.

Bagian-bagian yang harus dibenahi itu di antaranya adalah fasilitas penunjang di sisi darat pelabuhan seperti kelayakan akses jalan penghubung, terminal penumpang, gudang, listrik, air bersih serta perlengkapan navigasi.

"Pemkab Seruyan akan terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui kementerian agar pembangunan di Seruyan, khusus Pelabuhan Segintung dapat masuk ke dalam skala prioritas," katanya.

Menurutnya, Pelabuhan Segintung yang telah menghabiskan anggaran pembangunan ratusan miliar bakal menjadi aset potensial dan memiliki peran penting dalam dunia investasi serta mendorong pengembangan perekonomian di Kalteng, khususnya di Seruyan.

Sesuai dengan rencana, Pelabuhan Segintung yang berada di Kecamatan Seruyan Hilir akan dikembangkan menjadi kawasan industri dan kawasan strategis lainnya di Kalteng.

Pelabuhan Segintung dengan letaknya yang strategis langsung mengarah ke Laut Jawa serta memiliki keunggulan jarak pelayarannya terdekat ke Pulau Jawa dapat mendorong keluar masuk arus barang di Kalteng menjadi lebih cepat.

"Dan itu nanti tentunya akan memicu pertumbuhan serta perkembangan ekonomi di wilayah Kalteng khususnya untuk wilayah Seruyan," katanya.

Selain jadi kawasan industri, Pelabuhan Segintung yang terletak sekitar 20 kilometer dari Kota Kuala Pembuang juga akan dijadikan pelabuhan penampung crude palm oil (CPO) dari perusahaan sawit maupun komoditas lain di wilayah tengah Kalteng, yang meliputi Kabupaten Gunung Mas, Katingan, Kotawaringin Timur dan Seruyan.

"Dari semua item yang keluar dan masuk melalui Pelabuhan Segintung itu nantinya tentu akan menjadi sumber pemasukan bagi Kalteng, khususnya bagi daerah Seruyan," katanya.