Harga bawang merah di Muara Teweh naik

id bawang merah, harga bawang merah

Harga bawang merah di Muara Teweh naik

Petani di Barito Utara menjemur bawang merah hasil panen mereka. (Istimewa)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mengalami kenaikan menjadi berkisar Rp38.000 sampai Rp43 ribu per kilogram dari sebelumnya hanya Rp22 ribu-Rp23 ribu per kilogram.

"Harga bawang merah naik cukup tajam sehingga berdampak kebutuhan warga di daerah ini," kata seorang warga Muara Teweh, Ibu Rini, Minggu.

Menurut dia, yang kesehariannya berjualan di sekolah SMAN 1 Muara Teweh ini kenaikan harga bawang ini sangat dirasakan dampaknya oleh para pedagang makan dan warga lainnya yang ada di kota Muara Teweh.

Biasanya, kata dia, dia membeli bawang merah sebelum kenaikan hanya berkisar Rp22 ribu-Rp23 ribu/kg, kini harga bawang merah sudah tembus di harga Rp38 ribu per kg, bahkan sebagian pedagang sudah ada yang menjual dengan harga Rp40 Ribu/kg.

"Harga bawang merah naik, kemarin saya membeli harganya sudah Rp38 ribu per Kg," kata Rini.

Sementara untuk bawang putih, terjadi kenaikan sebesar Rp8 ribu, yakni dari Rp20 ribu per kilogram kini menjadi Rp28 per kilogram.

"Berdasarkan informasinya yang kami terima alasan kenaikan harga bawang ini karena stoknya yang terbatas. Kalau kita berharap untuk harga bawang ini dapat kembali normal," katanya.

Salah seorang pedagang di Pasar Pendopo Muara Teweh, Manik mengatakan, kenaikan harga ini sejak sebulan terakhir, kini harga bawang merah telah mencapai Rp43 ribu/kg dan untuk bawang putih sudah tembus Rp30 ribu/kg.

Naiknya harga bawang ini, juga berdampak terhadap penjualan bawang yang dijual para pedang di pasar itu.

"Bawang ini naik dari tempat kita mengambilnya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan harga mahal seperti ini, biasanya saya bisa menjual bawang merah dan bawang putih sebanyak 10 kg per harinya, sekarang menjadi berkurang. Untuk bawang merah kini hanya 5 kg yang terjual setiap hari," ujarnya.