Barut canangkan BBGRM di kawasan Desa Bukit Sawit

id pemkab barut,Barut canangkan BBGRM di kawasan desa sawit,Sekda Barut Jainal Abidin

Barut canangkan BBGRM di kawasan Desa Bukit Sawit

Sekda Jainal Abidin saat memotong pantan pada pembukaan BBGRM di Desa Bukit Sawit Kecamatan Teweh Selatan, Senin (7/5/18) Ist

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, canangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-15 tingkat kabupaten setempat di kawasan desa perkebunan plasma kelapa sawit di Desa Bukit Sawit, Kecamatan Teweh Selatan, Senin.

Kegiatan BBGRM tersebut juga dirangkai dengan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKGP-KK) ke 46 dan Hari Keluarga Nasional (HKN) ke 25

"Peringatan ini sebagai upaya untuk menggalakkan semangat gotong royong masyarakat dalam membangun daerah sebagai bagian yang penting dalam pembangunan nasional yang perlu terus kita tingkatkan terutama melalui pengembangan SDM sebagai modal utama pembangunan bangsa kita," kata Sekrestaris Daerah Pemkab Barito Utara (Barut) Jainal Abidin membuka kegiatan.

Menurut Jainal pencanangan ini sebagai tanda dimulainya bulan bhakti gotong royong masyarakat yang berlangsung selama satu bulan penuh pada bulan Mei tahun 2018 yang dilaksanakan disemua desa dan kelurahan di Kabupaten Barito Utara, sekaligus untuk memperingati hari kesatauan gerak PKK dan Hari Keluarga Nasional.

Tema nasional BBGRM tahun ini adalah ?Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Hari Kesatuan Gerak PKK dan Hari Keluarga Nasional Kita Dayagunakan Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa Sebagai Mitra Pemerintah Desa".

Melalui sub tema nya yaitu ?Dengan Semangat Pancasila dan Falsafah Huma Betang, Kita Tingkatkan Peran serta Masyarakat Dalam Percepatan Pembagunan Daerah Kabupaten Barito Utara? dan Tema Hari Keluarga Adalah ?Hari Keluarga Hari Kita Semua? Dengan Sub Tema ?Cinta Keluarga, Cinta Yang Terencana?.

"Melalui kegiatan ini kita harus memanfaatkan moment besar ini dengan menggalang kebersamaan sejak dari keluarga, masyarakat hingga bangsa indonesia. Kita harus sadar bahwa kekuatan bangsa dan negara terletak pada ketahanan masing-masing keluarga, keluarga adalah cermin kekuatan masyarakat, bangsa dan negara oleh sebab itu patut dijaga, dipelihara dan ditingkatkan kualitasnya," kata dia.

Untuk itu, tambah Sekda dirinya mengajak setiap orang tua agar dapat membangun keluarganya sebagai pilar pembangunan yang kokoh, agar bangsa indonesia dan wilayah kita Kabupaten Barito Utara khususnya semakin mantap melangkah menuju hari esok yang sejahtera dan bermatabat dimata dunia.

Semangat kebersamaan dan kegotong-royongan yang telah mengakar dan melembaga dalam kehidupan masyarakat kita, menjadikan masyarakat kita hidup rukun dan damai dalam mengisi pembangunan dengan suasana kekeluargaan.

"Hal ini patut dikembangkan dan didayagunakan sebagai nilai-nilai pembangunan dalam rangka penguatan integritas sosial untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dan memperkuat NKRI yang harus tetap dikembangkan dan dilestarikan melalui kegiatan BGGRM ini," kata Jainal.